Pendidikan & Kesehatan

Masa Pandemi Covid-19, Keluarga Butuh Dana Darurat

Foto ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Ketersediaan dana darurat yang cukup kerap kali menjadi hal yang dibahas berulang-ulang kali di masa pandemi ini. Namun apakah dana darurat Anda saat ini sudah cukup untuk menghadapi risiko Covid-19? Sebab saat keluarga terserang Covid-19, banyak sekali pengeluaran tidak terduga yang harus dipenuhi.

Dana darurat memang berfungsi sebagai dana yang digunakan untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak diinginkan dalam keseharian. Di kala seorang karyawan kehilangan pekerjaan karena perusahaan tempat dia bekerja harus mengetatkan biaya operasional karena tak sanggup mencetak laba yang sesuai target, maka disitulah dana darurat akan berperan.

Oleh karena itu pulalah, besaran dana darurat seseorang berbeda-beda tergantung pada kebutuhan, jumlah tanggungan, dan risiko pekerjaan. Ada yang enam kali pengeluaran bulanan, sembilan kali, atau bahkan 12 kali pengeluaran bulanan.

“Tengoklah ketersediaan dana darurat Anda. Jika dirasa belum mencukupi standar enam, sembilan, atau 12 kali pengeluaran bulanan, mulailah mengisinya. Mengisi pos dana darurat bisa dilakukan dengan cara mencicil dari pendapatan bulanan maupun mengambilnya dari pos pengeluaran lain yang tidak terpakai selama pandemi, seperti pos pengeluaran hiburan atau gaya hidup,” papar Ruben Setiawan, Manajer Konten Lifepal, dalam rilis yang diterima redaksi beritajatim.com.

Selain perihal dana darurat, untuk pencegahan Covid-19, ‘pesan ibu’ tentang 3M tetap harus diperhatikan. Terdiri dari memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak. [but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar