Pendidikan & Kesehatan

Masa Pandemi Covid-19, Kebutuhan APD di RSUD Dr Soetomo Capai 1000/Bulan

Penyerahan bantuan APD dari komunitas ke RS dr Soetomo, Surabaya, Selasa (19/5/2020).(Manik Priyo Prabowo)

Surabaya (beritajatim.com) – Untuk menangani pasien Covid-19, kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis di RSUD Dr.Soetomo, mencapai 1.000/bulan.

Seperti dikatakan dr Cita Rosita Sigit, Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RS dr Soetomo. “Nah, bayangkan jika misalkan ada 100 RS yang menangani, maka kebutuhan APD bisa mencapai 100.000 APD per bulan di Jawa Timur saja. Meski kebutuhan APD di dr Soetomo sudah aman usai dapat bantuan, tapi masyarakat jangan seenaknya berkerumun, main, jalan-jalan atau kegiatan tak penting diutamakan. Sebab membahayakan diri dan jangan sampai RS kualahan menangani jika terjadi ledakan pasien nantinya,” paparnya usai menerima bantuan APD dari komunitas di RS dr Setomo, Selasa (19/5/2020).

Lebih lanjut dr Cita menjelaskan, seperti pada bantuan dari Junio Chamber International (JCI) Jawa Timur pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan sosial ini. Terlebih kebutuhan APD saat ini sangat besar sekali. Meski mendapatkan bantuan APD, pihak rumah sakit harus melakukan sortir barang. Langkah ini dilakukan bertujuan untuk melihat kwalitas barang APD apakah layak digunakan di bagian Isolasi, UGD atau unit pelayanan lainnya.

“Kami harap bantuan ini bisa membantu dan meringankan para medis yang berupaya melayani masyarakat di saat pandemik virus corona ini. Setidaknya ada 2.500 baju hazmat dan 40.000 masker KN95,” papar Jhonny Tjio Doran Local President JCI Jawa Timur.(man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar