Pendidikan & Kesehatan

Marak Corona, Masyarakat Diimbau Tak Gunakan Masker Sepanjang Waktu

Surabaya (beritajatim.com) – Masyarakat diimbau tidak perlu selalu menggunakan masker untuk menangkal Virus Corona. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), Prof. Nasronudin.

“Masyarakat tidak perlu panik berlebihan. Masker hanya dipakai bila berdekatan dengan orang-orang beresiko tinggi atau saat berada di tengah kerumunan banyak yang bersesiko,” ujar Nasronudin, Selasa (3/3/2020).

Kondisi demikian, menurutnya, menjadikan penggunaan masker lebih baik dilakukan dalam beberapa waktu saja. “Jadi tidak usah pakai masker terus menerus,” tegasnya.

Di sisi lain, Ia pun memastikan jika RSUA siap menangani pasien-pasien yang khawatir tertulas Virus Corona. Pemeriksaan pun, dilakukan secara gratis bekerjasama dengan Pemkot Surabaya.

“Kami sudah punya tim terdiri dari lembaga penyakit tropis dan para pakar di sektor terkait dalam penanganan masalah ini. Sinergi dengan Pemkot pun semakin memantapkan kemampuan kami untuk itu. Peralatan yang kami gunakan juga sudah memenuhi standar WHO,” beber Nasronudin.

Terkait pemberian layanan cek kesehatan gratis, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan jika hal itu mencakup hingga penjemputan di rumah pasien.

“Kalau ada gejala panas, batuk, pilek, nyeri kepala, sesak napas itu bisa langsung diperiksakan di RSUA biaya ditanggung Pemkot Surabaya. Kalau rumahnya jauh dari RSUA, telepon saja 112 minta dijemput. Kita sudah siapkan ambulance khusus,” papar Wali Kota Surabaya 2 periode itu. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar