Pendidikan & Kesehatan

Mantan Kapolwiltabes Surabaya Ungkap Pentingnya Pendidikan dalam Pembangunan Bangsa

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam rangka merayakan Dies Natalis XXXVII Universitas Bhayangkara (UBHARA), Irjen Pol (Purn) Bambang Suparno mengingatkan pentingnya pendidikan. Melalui pendidikan, masa depan bangsa bisa dibangun.

“Prioritas utama bagi Indonesia saat ini adalah meningkatkan learning outcome dari pendidikan yang mempunyai efek jangka panjang terhadap prestasi respon partisipasi. Pun juga untuk harapan generasi penerus bangsa bisa menjadi agent of change,” ujar Bambang.

Untuk jangka pendek, mantan Kapolwiltabes Surabaya ini melihat jika peningkatan learning outcome bisa meningkatkan kualitas lulusan. Karakter, skill, dan kesadaran untuk memiliki motivasi pun bisa dibangun.

“Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas SDM. SDM yang baik secara linear juga akan membuat bangsa Indonesia menjadi semakin maju dan luar biasa,” tambahnya.

Demi bisa mencapai segala tujuan itu, Bambang melihat jika saat ini perlu ada pembaharuan kurikulum pendidikan. Kurikulum yang digunakan harus bisa membentuk manusia menjadi siap pakai.

“Di sisi lain, peran pendidik juga tidak kalah penting. Peningkatan peran dan kualitas pendidik tentu akan berdampak positif terhadap outcome pendidikan itu sendiri,” tegas pria yang kini mengabdikan hidupnya untuk menjadi pendidik dan menjadi dosen tetap di UBHARA itu.

“Pada akhirnya, pendidikan adalah kunci utama untuk membangun bangsa melalui SDM. Manusia adalah aset yang paling penting untuk menjadi Indonesia semakin luar biasa,” pungkas Bambang. [ifw/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar