Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Mantan Dokter Presiden Soeharto Beri Saran Dokter Muda Zaman Now

Rektor UNEJ menyerahkan surat keputusan pengangkatan dosen luar biasa kepada Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp. BS (K). [foto: Humas Unej]

Jember (beritajatim.com) – Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp. BS (K), mantan anggota tim dokter kepresidenan di era Presiden Soeharto, menyarankan kepada para dokter muda zaman sekarang untuk jeli melihat perkembangan dunia saat ini.

“Dulu siapa dokter yang tertarik menekuni virologi? Tapi saat Covid-19 menyerang maka kita baru sadar bahwa penelitian mengenai virus sangatlah penting,” kata Satyanegara, sebagaimana dikutip Humas Universitas Jember (Unej) dalam kegiatan kuliah tamu di hadapan dosen dan mahasiswa di aula Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (23/9/2022).

“Memang apa yang kita pelajari hari ini belum tentu akan langsung dirasakan manfaatnya hari ini juga. Namun ketekunan akan selalu memberikan hasil,” kata dokter maestro bedah saraf yang mendapatkan penghargaan The Order of The Rising Sun Gold Ray dari Kaisar Jepang.

Satyanegara mengingatkan bahwa resep untuk menjadi dokter yang sukses tidak ada dalam buku teks kuliah apapun. “Para dokter harus selalu berinvestasi dalam mengembangkan diri, baik dengan belajar sesuai bidang kedokteran yang ditekuni maupun ilmu-ilmu lainnya, serta giat menjalin jejaring,” sarannya.

Satyanegara adalah salah satu dokter yang berperan besar dalam pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Jember pada 2000. Selama kurang lebih dua puluh dua tahun berdiri, FK Universitas Jember telah meluluskan kurang lebih 1.200 dokter yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev