Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Manfaatkan Bus Literasi untuk Tarik Minat Baca Anak Gresik

Gresik (beritajatim.com) – Tingkat membaca buku bacaan memang masih rendah di Indonesia. Pasalnya, kebiasaan membaca dari kecil yang tidak dilakukan.

Tapi hal ini berbeda yang dilakukan siswa SDN 6 Gresik. Bagaimana caranya memiliki cara lain agar membaca menjadi menyenangkan.

Sekolah SDN 6 Gresik memang berbeda dengan sekolah lainnya. Di sekolah tersebut, sudah mulai sibuk sendiri. Mereka berkerumum di halaman bangsal. Yakni, bangunan yang berada di tengah-tengah sekolah. Para siswa saling berebut di bus bercat warna-warni.

Saling cepat memilih mana buku yang menarik yang akan mereka baca. Banyak buku terjejer rapi di dalam bus itu mulai berantakan saking antusiasnya siswa. Maklum biasanya, para siswa setiap hari hanya membaca buku di perpustakaan. Namun, saat ini ada Bus Literasi Airlangga.

Pemandangan yang cukup berbeda. Ini terlihat siswa dari kelas I hingga VI saling bergantian mengantre di Bus Literasi itu. Setelah mendapatkan buku, para siswa lantas mencari tempat yang nyaman untuk membaca.

Namanya juga anak-anak, mereka membaca dengan bergerombol. Sering mereka bertukar informasi dengan teman dari masing-masing buku mereka.

“Yang penting mau membaca dulu, suka dulu dengan buku. Untuk bahan bacaannya, seiring nanti mengikuti usianya,” ujar Kepala UPT SDN 6 Gresik Hepi Yusita, Rabu (21/09/2022).

Sementara Ivana salah satu siswa SDN 6 Gresik menyatakan dirinya suka dengan buku bacaan seperti kisah dora, hingga cerita-cerita berbentuk kartun.

“Saya suka membaca buku-buku itu, karena ceritanya menarik dan bisa menjadi inspirasi,” ungkapnya.

Literasi seperti ini akan dilakukan lagi oleh SDN 6 Gresik. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan mental siswa setelah pandemi covid-19. Dimana saat belajar daring lalu, para siswa sangat kebergantungan dengan smartphone. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar