Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Makna Hari Kartini bagi SMPN 5 Sidoarjo

Sidoarjo (beritajatim.com) – Setiap tanggal 21 April yang diperingati sebagai hari Kartini adalah goresan sejarah penting yang tak terlupakan, tidak terkecuali SMP Negeri 5 Sidoarjo. Tahun 2022 ini banyak perjuangan yang dilewati demi memajukan pendidikan dan pelayanan terhadap peserta didik.

Hari ini kamis, 21 April 2022 seluruh karyawan memperingati hari bersejarah dengan penuh makna. “Jangan sampai melupakan sejarah masa lalu, karena masa depan dulunya adalah masa lalu,” ungkap Pak Narto, panggilan akrab Kepala SMP Negeri 5 Sidoarjo.

Unik lagi dengan Ibu yang kerap disapa Bu Gendra ini. Seorang wanita perawakan Jawa tulen kelahiran Pati, keseharianya menjabat Waka Kesiswaan dan mengajar mata pelajaran Bahasa Jawa.

Memunurut Bu Gendra, memaknai hari Kartini di era digitalisasi seperti sekarang ini bahwa wanita adalah sosok atau figur yang patut dibanggakan. Di samping keseharianya sebagai ibu rumah tangga juga bisa menjadi wanita karier yang bisa membantu pendapatan keluarga.

Danica Dzakia Nathania, siswi kelas 7-2 yang meraih prestasi juara 1 tanding putri Pencak Silat tingkat Jawa Timur tahun 2022 memaknai hari Kartini tentu semangat wanita berkobar dalam meraih prestasi, banggakan diri kita, orang tua dan sekolah.

Banyak hal dilakukan untuk memperingati hari bersejarah ini, seperti yang dilakukan oleh guru di SMP Negeri 5 Sidoarjo. Yakni menggerakan peserta didik untuk mengalami peristiwa sejarah hari Kartini dengan kegiatan Literasi Baca Tulis dan Seni Budaya, yang dituangkan dalam bentuk penulisan puisi, pantun, artikel sederhana dan menggambar sosok atau figur Ibu Kartini.

Peserta didik disajikan 3 tema yang berbeda, selanjutnya memilih satu tema yang dikehendaki. Ternyata antusias peserta didik begitu luar biasa, antara senang dan bahagia serta terharu dalam memaknai sebuah hari bersejarah.

Perjuangan dalam mengemban masa depan tidaklah mudah, membutuhkan proses berliku-liku, tenaga pikiran, serta biaya yang tidak sedikit. [but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar