Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswi Ponorogo Jauh-Jauh KKN di Malaysia, Buat Apa?

Jember (beritajatim.com) – Alifia Anggraeni Agustin, mahasiswa Universitas Jember dari Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, adalah salah satu dari sepuluh mahasiswa yang mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) internasional di Malaysia tahun ini.

Mereka terlibat dalam program bertajuk Feed The Planet, Clean Our Plate Project yang dikoordinasi oleh Universiti Kebangsaan Malaysia, di Kota Bangi, Negara Bagian Selangor.

Ada apa jauh-jauh KKN di Malaysia? Alifia mengatakan, salah satu permasalahan di Bangi adalah bagaimana mengurangi sampah domestik. Sampah domestik ini ternyata didominasi oleh sampah rumah tangga, terutama sisa makanan.

Program Feed The Planet, Clean Our Plate Project bertujuan menanamkan kebiasaan menghabiskan makanan khususnya kepada anak-anak. “Dengan begitu diharapkan hal ini akan mengurangi sampah rumah tangga,” kata mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional FISIP ini, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Senin (6/1/2020).

Ini bukan tugas mudah. Mereka harus memberikan pemahaman kepada siswa sekolah, dan mengadakan riset mengenai berapa banyak sisa makanan yang terbuang. “Salah satu caranya dengan mendata kondisi sampah rumah tangga di kantin-kantin sekolah di Bangi,” kata Alifia.

Nantinya sebelum turun ke lapangan, akan ada taklimat dari tim Universiti Kebangsaan Malaysia mengenai kondisi sosial budaya setempat. Setiap peserta KKN Internasional akan didampingi satu mahasiswa asal Malaysia.

Misi besarnya: menjalankan proyek sosial yang bertujuan memberikan pemahaman bagi warga Bangi, khususnya anak-anak, untuk tidak membuang makanan. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar