Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa Untag Surabaya Terjun Aktif Abdikan Diri ke Masyarakat Selama Pandemi

Surabaya (beritajatim.com) – Kegiatan Kuliah kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945( Untag) Surabaya di masa Pandemi Covid-19 masih tetap berjalan. KKN atau kuliah kerja nyata merupakan program wajib yang dilakukan oleh setiap mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat setiap mahasiswa terjun langsung membantu masyarakat dan melalukan sebuah inovasi yang berharap dapat memberikan sebuah perubahan di dalam masyarakat.

Lantas, bagaimana KKN bisa dilakukan secara efektif dalam masa pandemi covid-19 seperti ini? Program KKN Untag ini dalam rangka pengabdian Mahasiswa kepada masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal mahasiswa tersebut, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satunya adalah Nur Ainudin, mahasiswa kampus Untag surabaya ini menjalankan program KKN di salah satu desa di Kabupaten Sidoarjo tepatnya di RT 22 RW 06 Desa Jati Kecamatan Sidoarjo dengan dosen pembimbing lapangan Tries Ellia Sandari.

Kegiatan yang dilakukan sangat beragam, ia membantu masyarakat untuk melakukan pemulihan ekonomi masyarakat sekitar dengan memberikan 3 pasang indukan Lobster kepada seluruh warga.

“Saya memilih untuk terjun ke masyarakat untuk melakukan pemulihan ekonomi, mengingat pandemi Covid belum berakhir dan juga semua masyarakat pasti terdampak pandemi ini,” terang Vemo sapaan akrabnya pada awak media, Selasa (5/1/2021).

“Yang saya bagikan 3 pasang indukan Lobster, masing-masing untuk masyarakat sekitar, semoga itu bisa jadi awal usaha masyarakat tempat saya KKN,” tambah Pria kelahiran Kota Udang Sidoarjo tersebut.

Kegiatan yang dilakukan selama lima hari tersebut juga selingi dengan pembagian masker kepada masyarakat juga penyemprotan disinfektan selama 7 hari secara gratis.

“Jadi, selama kegiatan 12 hari saya bagi-bagi Masker pada warga juga saya berikan penyemprotan disinfektan, minimal saya juga turut mengajak warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta mengajak masyarakat untuk saling mengingatkan menjaga kesehatan,” terangnya.

Untuk diketahui, program KKN ini adalah program wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa semester akhir sebagai bukti menjalankan tridarma Perguruan tinggi. [ifw/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar