Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa UNTAG Juara KRI Regional IV

Surabaya (beritajatim.com) – Dua robot buatan mahasiswa Fakultas Vokasi Untag Surabaya berhasil menjuarai dua gelar sekaligus, yakni juara pertama dan juga juara design terbaik di Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat regional IV.

Kontes robot estafet ini merupakan kontes yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemenristek Dikti. Berbagai misi pun harus dituntaskan oleh tim yang bertanding, diantaranya adalah estafet yakni dua robot yang harus melakukan misiĀ  melewati jembatan, berjalan zig-zag, melempar target, melewati jalan berundak, melompati tali dan menaiki tanjakan.

Tim robot Fakultas Vokasi Untag yang dinamai Tim Politag-Pro pun membuat dua robot yakni robot mekanik yang menggunakan remote dan robot semi otomatis yang menggunakan alogaritma perhitungan langkah.

Ketua Tim Politag-Pro, Astra Nico Prasetyo pun mengucapkan syukur atas pencapaian timnya yang sanggup mengungguli Tim dari kampus besar seperti Tim Papuma_IR64 dari Pada Negeri Jember di peringkat 2 dan Tim Risma dari ITS Surabaya diperingkat 3.

“Senang dan bangga rasanya jadi juara, padahal saingannya berat berat,” ujar Astra, Rabu (22/5/2019).

Astra bersama tim pun menghabiskan waktu 3 bulan untuk membuat kedua robot tersebut. Ia pun mengatakan bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi seperti masalah design.

“Kendala utamanya adalah design, kita sampai ganti 3 kali di design karena design kan mempengaruhi beban robot dan kecepatannya. Tapi Alhamdulillah semua berjalan lancar, malah robot kami terhitung sangat stabil dibandingkan robot dari tim lain,” terangnya.

Dimas Aditya Putra Wardhana selaku salah satu Dosen Pembimbing pun mengatakan bahwa kestabilan dari robot tim Politag-Pro ini menjadi kunci kemenangannya.
“Banyak dari tim lain yang unggul dalam kecepatan tapi malah itu yang saya rasa membuat robot nya jadi kurang stabil sehingga dibeberapa rintangan mereka mengalami gangguan atau error,” jelasnya.

Selain itu, menurut Dimas, keunggulan lainnya adalah robot buatan tim Politag-Pro ini salah satunya berkaki empat seperti kuda, sedangkan yang lain kebanyakan memakai diesel seperti sistem kereta api.

Rektor UNTAG, Dr. Mulyanto Nugroho pun mengatakan akan memberikan apresiasi kepada semua mahasiswa yang berprestasi, bagi yang menang tingkat nasional dapat beasiswa satu semester dan yang tingkat Asia dapat beasiswa 6 semester hingga selesai. [adg/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar