Pendidikan & Kesehatan

Wabah Virus Corona

Mahasiswa Unesa di Wuhan Keluhkan Harga Makanan yang Melonjak Naik

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Surabaya (beritajatim.com) – 12 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang saat ini sedang berada di Wuhan China masih dalam kondisi terisolasi di dormitori atau asrama kampus.

Terkait hal itu, Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. memastikan semua mahasiswanya aman dan sehat. Pihak Unesa juga selalu memantau keadaan mahasiswanya di Wuhan melalui telepon seluler dan panggilan video whatsapp.

“Terakhir kami kontak videocall pagi ini mereka dalam keadaan aman sehat dan tidak ada persoalan apapun,” ujar Prof Nur Hasan, Senin (27/1/2020).

Prof Nur Hasan mengatakan bahwa memang mahasiswanya merasa tidak nyaman berada di Wuhan. Hal tersebut dikarenakan situasi di Wuhan saat ini begitu mencengkam. Jalan jalan sepi, pertokoan banyak yang tutup. Alat transportasi masuk dan keluar Wuhan di non aktifkan.

“Ya mereka mengeluhkan bahwa keadaannya berubah, dari yang ramai jadi sangat sepi. Ada pembatasan keluar dormitori, tetapi tidak benar-benar diisolasi. Mereka Masih diizinkan keluar untuk ke toko dan ke kampus pada siang hari. Dengan masker dan pakaian yang tertutup. Setelah sampai mereka juga diwajibkan cuci tangan kaki dengan sabun,” cerita Prof Nur Hasan.

Selain itu mereka juga mengeluhkan harga makanan yang melonjak naik di Wuhan, seperti kacang yang biasanya dapat dibeli dengan harga 20.000 sekarang menjadi 80.000.

Terkait hal itu Rektor mengatakan untuk tidak perlu khawatir dan segala pendanaan yang dibutuhkan untuk bertahan sementara di Wuhan akan ditanggung oleh Unesa.

“Saya sampaikan kepada mereka jangan sampai makanannya dikurangi. Mereka harus sehat itu penting karena kekebalan itu sangat dibutuhkan untuk menangkal virus virus itu. Jadi asupan gizi harus cukup. Terkait adanya kekurangan dana Unesa akan mengcovernya sampai semua bisa terkendali,” tukasnya.

Saat ini mereka pun dalam keadaan yang kondusif di Dormitori, karena pihak kampus memberikan perlindungan seperti pemberian masker, sabun cair dan thermometer gratis kepada mahasiswa. [adg/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar