Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa UMS Modifikasi 5 Rumah Masyarakat Miliki Keluarga Sakit Kronis

Surabaya (beritajatim.com) – Mahasiswa program studi keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) mengampanyekan Nursing Now yang menjadi slogan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia).

Sebagai mahasiswa profesi perawat atau Ners, mereka melakukan program KKN atau pengabdian masyarakat dengan mengusung tajuk ‘SAGA FIK UMS Back to Family Back to Home’ yaitu menerjukan puluhan mahasiswa keperawatan membedah dan memodifikasi rumah masyarakat penderita penyakit kronis.

Bertempat di kelurahan Mulyorejo RW IV Surabaya, mahasiswa keperawatan FIK membedah 5 rumah warga yang menderita penyakit kronis, di antaranya adalah anggota keluarga dengan penyakit pengapuran tulang (Ostheoarthiris), diabetes mellitus, tuberkulosis (TB), disabilitas fisik, gangguan Pengelihatan. Mereka memasang alas lantai, pengaman tangga dan sebagainya.

Kegiatan itu merupakan rangkaian SAGA FIK, mereka melakukan upaya menata, membersihkan, hingga menambahkan beberapa fitur yang berguna untuk pasien, seperti pegangan dinding untuk pasien disabilitas, menata dan mebuatkan ventilasi untuk pasien pengapuran.

Perwakilan mahasiswa, Febri mengatakan bahwa upaya ini untuk menciptakan suasana rumah yang sehat dan perawatan pasien yang family persuatif. “Ya kami ingin membiaskan masyarakat hidup sehat apa lagi bagi mereka yang memiliki kerabat keluarga yang sakit. Memberikan mereka ruang yang layak dan aman,” ujarnya. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar