Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa UMM Gagas Bioplastik Berbahan Limbah Kedelai

Salah satu anggota tim UMM, Yuanna Maulidda.

Malang(beritajatim.com) – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menginisiasi pembuatan kantong plastik berbahan limbah kedelai bernama Bioplastik. Pembuatan ini untuk menjawab pencemaran lingkungan yang diakibatkan salah satunya dari penggunaan sampah plastik.

Kelompok ini beranggotakam empat orang yakni, Yuanna Maulidda, Fiska Noviandana, Fitrotul Khusnia, M. Aditya Hidayat, dan Raden Agyk D.A.G.P. Mereka memilih limbah kedelai karena kandungan protein dan karbohidratnya yang tinggi sehingga bisa diolah menjadi Bioplastik.

“Bioplastik bermanfaat untuk pemupukan tanaman dan mengurangi penumpukkan limbah plastik. Inovasi ini dibuat untuk menggurangi penggunaan plastik berbahan dasar kimia. Usaha ini didukung dengan ketersediaan bahan baku yang melimpah. Terlebih, Malang terkenal dengan makanan khas tempe yang berbahan dasar kedelai, sehingga harga bahan pembuatannya cukup murah,” kata Yuana, Selasa, (1/9/2020).

Yuana menyebut, bahwa sifat plastik hanya akan terurai di tanah dalam waktu lebih dari 20 tahun bahkan dapat mencapai 100 tahun, sehingga dapat menurunkan kesuburan tanah, dan di perairan plastik akan sulit terurai. Sasaran utamanya, produk minuman pinggir jalan. Kelompok ini juga akan menawarkan produk Bioplastik ini ke pabrik minuman untuk mengganti sedotan plastik dengan produk yang mereka gagas.

“Selain itu, kami juga bisa mempromosikan produk kita melalui media sosial, menggunakan gerakan anti plastik, dari mulut ke mulut,dan berbagai media lainnya. Harapannya, produk kami bisa menggantikan fungsi dari sedotan plastik,” papar Yuanna.

Yuana berharap inovasi yang mereka buat bisa diproduksi massal dan memiliki dampak besar untuk menekan pencemaran lingkungan. “Kami berharap inovasi yang kami buat dapat digunakan di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia agar dapat bermanfaat untuk kelangsungan bumi dan manusia,” tandas Yuanna. (Luc)





Apa Reaksi Anda?

Komentar