Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa UM Malang Ubah Limbah Ampas Kopi Jadi Case Jam Tangan

Malang (beritajatim.com) – Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) membuat inovasi yang keren dengan mengubah ampas kopi menjadi case jam tangan.

Ide inovatif ini berangkat dari keprihatinan berlimpahnya limbah ampas kopi di Kota Malang yang tidak dimanfaatkan.

Jam tangan yang diberi nama EXCOFF itu dibuat oleh lima orang mahasiswa. Dwi, ketua tim menjelaskan sisi yang bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat.

“Kami sangat terdorong memanfaatkan limbah ampas kopi untuk menjadi produk yang bernilai bahkan bisa menjadi tambahan penghasilan,” terang Dwi, Senin (26/9/2022).

EXCOFF memiliki sisi unik pada bagian strap jam tangan. Kelima mahasiswa itu sukses memadukan unsur kebudayaan Indonesia yang mulai ditinggalkan masyarakat yaitu motif Pamor Keris.

Motif tersebut mengambil sisi Udan Mas dan Pari Saurli. Filosofi dari keduanya yaitu memberi kejayaan dan keberuntungan bagi pemakainya.

Dwi menuturkan ke depan akan ada inovasi pengembangan produk dengan berbagai series.

“Pada proses pembuatan Jam Tangan EXCOFF ini, kami juga bekerjasama dengan berbagai UMKM seperti coffee shop, pengrajin kayu, penjahit, percetakan hingga studio foto. Hal tersebut ini bertujuan meningkatkan peran serta UMKM sebagai penyedia lapangan kerja dalam masyarakat,” jelasnya.

Selain berfokus pada pengolahan limbah, kata dia, tim juga berfokus pada kehidupan berkelanjutan. Bukan hanya dari segi bahan baku dan produk saja namun juga keberlanjutan UMKM di sekitar.

Pengembangan dan produksi jam tangan sudah dimulai sejak bulan Juni 2022 di Kota Malang. Selain menyediakan tampilan yang menarik, unik dan fashionable, EXCOFF juga merupakan contoh utama dari produk olahan limbah.

“Dalam produk kami tidak ada yang namanya produk sekali pakai, semua yang kami tawarkan telah melalui proses dengan standar kualitas yang tinggi. Kami lebih suka melihat konsumen menikmati produk waktu yang lama daripada membeli produk yang baru di tempat lain,” papar Dwi.

Inovasi jam tangan dari limbah ampas kopi karya mahasiswa Universitas Negeri Malang itu dikenalkan secara luas melalui website dan Instagram @excoff.indonesia. [dan/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar