Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa UM Gabung PMI Pamekasan sebagai Relawan Covid-19

Mahasiswa KKN UM membagikan biuskit kepada anak-anak terdampak Covid-19 di Pamekasan.

Pamekasan (beritajatim.com) – Dua mahasiswa Universitas Negeri Malang, bergabung bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, dalam rangka menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dikemas melalui gagasan Study From Home.

Kedua mahasiswa tersebut masing-masing Ria Ainun Rozika dan Rizki Nadiah Ghinanti, keduanya merupakan mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi di UM program studi (prodi) akutansi. Mereka bergabung bersama PMI Pamekasan sebagai relawan Covid-19.

“Untuk ketiga kalinya pada tahun 2020, kami kembali menerima mahasiwa KKN yang bergabung bersama PMI Pamekasan, sebagai relawan Covid-19. Kali ini dua mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi di UM,” kata Ketua PMI Pamekasan, Bambang Edy Suprapto melalui Wakil Kepala Markas, Yulianto Prayitno.

Dalam kesempatan tersebut, dua mahasiswa asal Pamekasan ditugaskan bergabung bersama Korp Sukarelawan (KSR) PMI Pamekasan yang melalukan berbagai aksi sosial di lapangan. Seperti mendistribusikan air ke titik tandon cuci tangan hingga membagikan buiskit bantuan PMI Provinsi Jawa Timur.

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang bergabung bersama PMI Pamekasan sebagai relawan Covid-19.

“Sebagai relawan, mahasiswa KKN ini langsung kita terjunkan ke lapangan bersama rekan-rekan KSR. Meraka melakukan aksi nyata dengan melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19, termasuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 di kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga mengapresiasi mahasiswa KKN yang tanpa canggung melebur bersama anggota KSR PMI Pamekasan, sekaligus melaksanakan program pengabdian di lapangan. “Terima kasih atas kepercayaan pihak UM yang sudah mempercayakan program ini kepada kami, tentunya kepada adik-adik mahasiswa yang langsung nyetel bersama rekan-rekan KSR,” jelasnya.

“Tidak kalah penting kami juga sangat mengapresiasi aksi sosial yang mereka lakukan, sebab kegiatan sosial seperti ini merupkan salah satu bentuk pengabdian masyarakat. Tentunya hal itu sesuai dengan tugas yang mereka emban saat ini, yakni KKN,” imbuhnya.

Sementara salah satu mahasiswa KKN UM, Ria Ainun Rozika menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh pihak PMI Pamekasan. “Terima kasih kepada PMI Pamekasan yang sudah berkenan dan menerima kami untuk menjadi wadah sebagai lokasi menampah diri dan mengabdi,” ungkapnya.

“Sebagai upaya mengimplementasikan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi, kami terus memiliki upaya dan semangat untuk mengadikan diri bagi negeri melalui program ini. Dan tidak kalah penting juga harus selalu menjaga diri di tengah pandemi,” pungkasnya.

Sebelumnya terdapat beberapa mahasiswa asal Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Madura (UNIRA) Pamekasan, juga melaksanakan program KKN Mandiri di PMI Pamekasan. Di antaranya Bella Apryani Pujayanti (Prodi Akuntansi), Claressa Viola Septiani (Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi), M Nanda Trimaulana Ridwan (Prodi Teknik Elektro) dan Noera Wahdaniyah (Prodi Pendidikan Kimia). [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar