Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa UM Bikin Media Pembelajaran untuk Anak Tunanetra, Namanya Buku Gemilo

Mahasiswa Universitas Negeri Malang bikin buku Gemilo.

Malang (beritajatim.com) – Mahasiswa Universitas Negeri Malang membuat media pembelajaran buku untuk anak tunanetra, khusunya bagi siswa SMPLB (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa). Karya mereka diberi nama buku Gemilo.

Tim Gemilo diketuai oleh Meyralda Dara Adisa dari Ilmu Kesehatan Masyarakat angkatan 2020. Mereka mengembangkan inovasi buku braille pertama di Indonesia yang mampu menyajikan visualisasi bentuk 4 dimensi.

Buku ini juga dilengkapi dengan audio atraktif. Buku ini diklaim mampu membantu merealisasi kurikulum Kemdikbud Ristek dalam media interaktif penyediaan pembelajaran musik tradisional bagi SMPLB tunanetra.

“Gemilo sangat membantu tunanetra karena dipasaran dan media edaran pemerintah hanya terbatas buku braille saja tanpa adanya audio dan buku audio saja. Produk kami menggabungkan braille dengan audio. Dimana manfaat audio yaitu dapat membantu tunanetra memahami isi buku tanpa harus membaca,” kata salah satu anggota tim Gina Shofia mahasiswa Pendidikan Luar Biasa angkatan 2021.

Dalam mengembangkan Buku Braille ini, selain Meyralda tim Gemilo terdiri dari Gina Shofia (Pendidikan Luar Biasa), Andini Rusdianawati (Pendidikan Matematika) Fika Hikmatin Aliyah (Pendidikan Akuntansi) Ahmad Zaki (DKV) yang bertugas sebagai chief designer produk.

Mereka berharap dengan karya mereka yang inovatif ini anak tunanetra mampu mengenal beragamnya alat musik tradisional tanpa terbatas pada fasilitas yang dimiliki oleh sekolah saja.

“Tak hanya itu, dengan pengemasan pengenalan alat musik dalam satu media pembelajaran ini, diharapkan anak tunanetra mampu turut berkontribusi untuk melestarikan serta memainkannya sampai ke kancah internasional,” tandasnya. [luc/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev