Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa PKN Presentasikan Beragam Potensi Desa di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, mempresentasikan beragam potensi sejumlah desa di kabupaten Pamekasan yang dijadikan sebagai sasaran atau lokasi pelaksanaan program KKN Kerja Sosial.

Dalam pelaksanaan program Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) XXV Berbasis Participatory Action Research (PAR) Tahun Akademik 2019/2020, mahasisiwa dari berbagai Program Studi (Prodi) dari tiga falultas berbeda, disebar di 21 titik (desa) di tujuh kecamatan berbeda di Pamekasan.

“Alhamdulillah proses pelaksanaan program PKN Berbasis PAR 2020 berjalan lancar tanpa halangan berarti, sekalipun saat ini kita laksanakan di tengah pendemi Covid-19,” kata Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Gaffar, Sabtu (19/9/2020).

Dalam kegiatan yang digelar selama sebulan terakhir, terhitung sejak 4 Agustus hingga 4 September 2020 lalu. Mahasiswa melakukan beragam kajian dan pengabdian untuk menggali beragam potensi desa di lokasi PKN, sekaligus membantu pemerintah desa untuk melakukan beragam langkah dan upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Memang kami akui pelaksanaan program PKN kali ini relatif lebih berat dibandingkan sebelumnya, terlebih tengah berada pada masa pembiasaan baru. Namun kami sangat mengapresiasi semangat mahasiswa yang memiliki komitmen tinggi melakukan program pengabdian di tengah masyarakat,” unykapnya.

Namun tidak kalah penting, pihaknya juga sangat mengapresiasi semangat mahasiswa peserta PKN yang terus ansih menggali beragam program desa selama sebulan terakhir. Sekaligus menjadikan masa pembiasaan baru sebagai tantangan tersendiri.

“Pertama kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kelancaran kegiatan ini, baik dari jajaran civitas akademika, rekan-rekan dosen, pemerintah desa dan lainnya. Sebab kelancaran kegiatan PKN ini tidak lepas dari andil semua pihak,” sambung dosen yang akrab disapa Pak Gaffar.

Selama sebulan kegiatan ‘Mahasiswa Mengabdi’, mahasiswa PKN IAI Al-Khairat Pamekasan merekomendasikan beragam potensi desa melalui hasil kajian selama sebelun terakhir. Di antaranya potensi wisata desa, produk potensial desa hingga kuliner.

Bahkan hasil kajian mahasiswa juga mendapat respon positif dari sejumlah pemegang kebijakan di lokasi pengabdian, khususnya dari pemerintah desa. Terlebih sebagian dari produk yang dihasilkan mahasiswa PKN, juga mulai dipasarkan oleh masyarakat yang mendapat dukungan dari pemerintah desa. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar