Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa KKN Unesa Bagi Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19 di Kota Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Sejumlah 50 bungkus sembako berhasil didistribusikan oleh mahasiswa KKN Unesa Gelombang IV Tahun 2020 yang sedang mengadakan bakti sosial kepada warga terdampak Covid-19 di Kota Kediri. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri pada hari Minggu, (31/8/2020).

Kelurahan Pojok cukup signifikan dalam peningkatan kasus Covid-19. Tercatat dalam data yang dilampirkan oleh Pemerintah Kota Kediri, bahwa sejumlah 13 orang warga dinyatakan suspek dan 9 orang telah terkonfirmasi Covid-19.

Terdapatnya warga yang terkena Covid-19 dan dampak pandemi itu sendiri dalam ranah global membuat berbagai aspek melemah, salah satunya adalah ekonomi. Di Kelurahan Pojok terdapat banyak warga yang masuk dalam kategori kurang mampu juga mendapat dampak pandemi seperti dirumahkan atau kehilangan pekerjaan.

Dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat khususnya kurang mampu dan terdampak, maka mahasiswa KKN Unesa Gelombang IV mengadakan bakti sosial tersebut. Warga yang diberikan bantuan telah melalui rekomendasi dari perangkat kelurahan bersumber data yang mereka miliki. Perangkat Kelurahan juga turut menemani selama proses kegiatan distribusi berlangsung.

Mahasiswa serta perangkat kelurahan membagikan sembako dari pintu ke pintu. Bermacam spesifikasi penerima baksos telah ditemui, seperti warga kurang mampu, penyandang disabilitas, hingga warga terdampak. Kepada kami mahasiswa mengaku bahwa bantuan yang diberikan sangatlah kecil, namun diharapkan dapat meringankan beban mereka.

“Salah satu kegiatan kami yang langsung berhadapan dengan warga adalah pembagian sembako dalam rangka bakti sosial ini. Memang sangat kecil jumlahnya, namun semoga tidak dinilai dari segi kuantitas. Tapi, semoga dapat memberikan harapan bagi mereka serta semangat akan hari esok”, ujar Listia Masruroh, selaku Ketua KKN.

Kegiatan KKN Unesa Kota Kediri Gelombang IV Tahun 2020 ini telah dilaksanakan semenjak 1 Agustus 2020. Dengan bimbingan dosen pendamping lapangan yakni Muh Ariffudin Islam, S.Sn., M.Sn, para mahasiswa memilih Kelurahan Pojok sebagai lokasi kegiatan KKN karena dinilai sesuai dengan kriteria pelaksanaan KKN. Kegiatan KKN ini akan berlangsung sampai 31 Agustus 2020. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar