Pendidikan & Kesehatan

Terapkan Protokol Kesehatan

Mahasiswa KKN Bimbing Siswa Melalui Program Bimjar

Pamekasan (beritajatim.com) – Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan yang tengah menjalani program KKN Kerja Sosial, mempraktikkan kegiatan Bimbingan Belajar (Bimjar) bagi sejumlah siswa di Desa Lesong Dheje, Kecamatan Batumarmar, Jum’at (7/8/2020) malam.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk kepedulian mahasiswa yang tengah menjalani program Perkuliahan Kerja Nyata (PKN) XXV Berbasis Participatory Action Research (PAR) IAI Al-Khairat Pamekasan, khususnya dengan mempraktikkan kegiatan bimjar bagi para siswa di masa pembiasaan baru.

“Kegiatan bimjar bagi para siswa yang saat ini harus menjalani belajar dari rumah, kami lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib mereka. Sehingga praktik bimjar secara langsung kita lakukan, tapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata Koordinator Bidang Pendidikan Posko 4 PKN PAR IAI Al-Khairat Pamekasan, Ahmad Jailani Siddiq, Sabtu (8/8/2020).

Pilihan bimjar sebagai salah satu program yang digagas,tentunya tidak lepas dari dari adanya kebijakan pemerintah seputar pelaksanaan proses belajar mengajar yang menetapkan sistem daring (online). “Berdasar hasil observasi kami di lapangan sejak beberapa hari terakhir, kami memiliki kesimpulan jika siswa sekolah dasar dan menengah khususnya di Desa Lesong Dheje, sangat membutuhkan bimbingan di tengah pandemi seperti saat ini,” ungkapnya.

Salah satu mahasiswa PKN XXV Berbasis PAR IAI Al-Khairat Pamekasan, memberikan Bimjar bagi siswa sekolah dasar di Desa Lesong Dheje, Batumarmar, Jum’at (7/8/2020) malam.

“Dalam kegiatan bimjar ini, siswa siswi yang kami bimbing merupakan siswa siswi kelas 4 hingga 6 SD (Sekolah Dasar), bahkan juga ada siswa kelas 7 MTs (Madrasah Tsanawiyah). Sementara materi bimjar meliputi bahasa Arab, bahasa Inggris dan Matematika,” sambung mahasiswa Prodi Manejemen Pendidikan Islam (MPI).

Selain mempraktikkan kegiatan bimjar bagi siswa siswi sekolah dasar dan menengah, pihaknya juga menerjunkan sejumlah anggota untuk membantu lembaga pendidikan yang membutuhkan. Sekaligus menerapkan program pengabdian di desa setempat.

“Selain program bimjar, kami bersama rekan-rekan yang lain juga membantu memberikan bimbingan belajar bagi para siswa dan santri di sejumlah lembaga pendidikan dan pesantren. Khususnya lembaga pendidikan maupun pesantren di Desa Lesong Dheje,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Lesong Dheje, Arief Budiatno menyampaikan apresiasi atas perhatian mahasiwa PKN yang berupaya membantu masyarakat desa yang dipimpinnya, khususnya di sektor pendidikan. “Kami bersyukur desa kami menjadi salah satu pilihan teman-teman untuk melaksanakan PKN, apalagi kegiatan seperti bimjar ini sangat membantu anak-anak kami di Desa Lesong Dheje, untuk terus belajar sekalipun tengah berada di tengah pandemi seperti saat ini,” kata Kades Arief.

“Dari itu kami menyampaikan terima kasih kepada teman-teman yang sudah membantu kami melalui program PKN, sebab hal ini tentunya menjadi motivasi bagi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepda masyarakat, khususnya di bidang pendidikan,” pungkasnya. [pin/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar