Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa IAI Al-Khairat Pamekasan Laksanakan KKN Kerja Sosial

Pamekasan (beritajatim.com) – Rektor Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Abdul Muin melepas sebanyak 365 mahasiswa untuk melaksanakan KKN Kerja Sosial yang disebar di tujuh titik berbeda di kabupaten Pamekasan.

Pelepasan tersebut dilakukan di halaman Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan, Selasa (4/8/2020) kemarin. Di mama ratusan mahasiswa dari tiga fakultas berbeda bakal melaksanakan program pengabdian selama sebulan kedepan, yakni hingga Jum’at (4/9/2020) mendatang.

“PKN (Perkuliahan Kerja Nyata) kali ini kita menerapkan KKN Kerja Sosial sesuai dengan edaran menteri khususnya seputar pandemi Covid-19, sehingga mahasiwa yang melaksanakan program pengabdian ini juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai regulasi,” kata Abdul Muin, Rabu (5/8/2020).

Dalam kegiatan yang mengusung tema ‘Rekulturasi Pengabdian Mahasiswa Berbasis PAR di Era Pembiasaan Baru’, mahasiswa disebar di 21 desa di tujuh kecamatan berbeda di Pamekasan. “Di era pembiasaan baru ini, mahasiswa juga dituntut untuk melakukan penyesuaian diri di tengah pandemi ini,” ungkapnya.

“Namun tidak kalah penting, mereka juga harus membiasakan diri dan bersentuhan secara langsung dengan masyarakat di lokasi PKN. Apalagi saat ini di setiap desa juga ada program Kampung Tangguh yang dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau seluruh mahasiswa peserta PKN XXV Berbasis PAR agar selalu menjalin komunikasi intens bersama seluruh stakeholdes di tiap lokasi, khususnya Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang bertugas di masing-masing lokasi pengabdian.

“Intensitas komunikasi dengan stakeholders di lokasi PKN, khususnya dengan DPL maupun pihak LP2M harus selalu dilakukan. Tujuannya sebagai upaya menjaga berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan, termasuk juga dengan tim satgas Covid-19 di tingkat desa,” imbaunya.

Seperti diketahui, KKN Kerja Sosial yang digagas melalui konsep PKN Berbasis PAR disebar di tujuh kecamatan dari 14 kecamatan berbeda di Pamekasan. Meliputi 4 pos di Batumarmar, 2 pos di Galis, 5 pos di Pagantenan, 5 pos di Pakong, 3 pos di Palengaan, serta satu pos di Proppo dan Waru. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar