Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa IAI Al-Khairat Digembleng Materi Kepenulisan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sedikitnya 10 mahasiswa lintas Program Studi (Prodi) di lingkungan Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, digembleng materi pengembangan penulisan melalui program Al-Khairat Writing Skill (AWS) yang digelar dalam dua hari terakhir, terhitung sejak Sabtu hingga Minggu (23-24/1/2021).

Program yang digagas Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAI Al-Khairat Pamekasan, digelar di Meeting Room Perguruan Tinggi yang beralamat di Jl Raya Palengaan (Palduding) Nomor 2 Pamekasan.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa juga dibekali beragam materi seputar kepenulisan ilmiah. Mulai dari teknik penulisan karya ilmiah, membangun mindset menulis esai dan opini, teknik menerbitkan karya ilmiah di media maenstrem hingga bedah artikel karya mahasiswa.

“Kegiatan ini sengaja kami lakukan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi bagi para mahasiswa dalam melakukan penelitian dan pengabdian, sekaligus mengaplikasikan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Sekretaris LP2M IAI Al-Khairat Pamekasan, Abdul Gaffar.

Selain itu, program AWS Khusus Mahasiswa tersebut juga diupayakan dapat menambah wawasan dan pemahaman dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas penelitian dan pengabdian. “Program ini sangat bermanfaat, apalagi program ini juga kami terapkan secara berkala, khususnya bagi mahasiswa,” ungkapnya.

“Namun yang pasti, program AWS khusus mahasiswa ini nantinya akan kami lakukan secara intens guna menambah wawasan sekaligus memotivasi mahasiswa agar aktif melakukan penelitian dan pengabdian sebagai langkah mengamalkan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Dari itu pihaknya berharap program tersebut nantinya bisa menambah motivasi dan semangat dalam meningkatkan kapasitas penelitian dan pengabdian. “Semoga kegiatan ini menjadi titik awal dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas penelitian dan pengabdian mahasiswa di lingkungan IAI Al-Khairat Pamekasan,” harapnya.

Selain utnuk menggembleng mahasiswa, program tersebut juga diterapkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas civitas akademika khususnya para dosen di lingkungan IAI Al-Khairat Pamekasan. “Jadi selain untuk mahasiswa, program ini juga kami gagas untuk para dosen,” tegasnya.

“Sebab tugas dari dosen bukan hanya sekedar mengajar semata, tetapi juga harus aktif meneliti dan mengabdi sesuai dengan nilai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Insya’ Allah dalam waktu dekat kita laksanakan untuk para dosen,” pungkasnya. [pin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar