Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa FTP Unej Hasilkan 27 Produk Baru Kreasi Makanan-Minuman Olahan

Jember (beritajatim.com) – Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember di Kabupaten Jember, Jawa Timur memproduksi 27 kreasi makanan dan minuman dengan bahan dasar komoditas pertanian lokal.

Hal ini dikemukakan Ahmad Nafi’, dosen pengampu mata kuliah Pengembangan Produk Baru, dalam pameran produk unggulan FTP di depan kampus FTP, Selasa (18/6/2019).

Bahan baku lokal yang dipakai antara lain labu kuning, kelor, buah naga, limbah kulit kopi dan beberapa bahan lokal lainnya. “Kita tahu saat panen raya terjadi over supply. Kami kembangkan sehingg produk pangan olahannya menjadi alternatif penanganan over supply dan rintisan bisnis produk pangan baru,” kata Nafi’.

“Tujuan pameran gelar produk ini sendiri adalah untuk memberi apresiasi dan evaluasi terhadap inovasi dan kreasi produk pangan mahasiswa,” kata Nafi’.

Melalui pameran ini, Nafi’ berharap ada umpan balik dari masyarakat. Dengan demikian penilaian bagus tidaknya produk tak hanya dari internal kampus, tapi juga diterima masyarakat.

“Ini kegiatan rutin setiap tahun. Bagi masyarakat yang tertarik mengadopsinya, bisa mengadopsi teknologi yang dikembangkan. Ini bentuk pengabdian kami kepada masyarakat,” kata Nafi’. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar