Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa Baru Universitas Jember Dibekali Cara Tanggulangi Pelecehan Seks

Rektor Unej Iwan Taruna

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 7.644 mahasiswa baru angkatan 2021 Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, wajib mengikuti program Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) pada 16-19 Agustus 2021 secara daring di masing-masing fakultas.

Wakil Rektor I Universitas Jember Slamin mengatakan, materi PK2 beragam, mu;ai dari pengenalan sistem pendidikan tinggi beserta cara belajarnya, termasuk program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

“Kami juga membekali mahasiswa baru dengan sikap dan pengetahuan guna pembentukan karakter dengan pemberian materi Pancasila, kebhinekaan dan waspada akan bahaya radikalisme termasuk penanggulangan perundungan dan pelecehan seksual,” kata Slamin, sebagaimana dilansir Humas Unej, Selasa (17/8/2021).

Rektor Iwan Taruna mengingatkan perjalanan para mahasiswa baru masih panjang, “Oleh karena itu pertahankan prestasi agar mimpi-mimpi kalian untuk menjadi generasi penerus bangsa dapat terwujud,” katanya, kepada seluruh mahasiswa baru secara daring dari gedung rektorat, dalam upacara daring, Senin (16/8/2021).

Tahun ini, dari semua jalur pendaftaran yang dibuka, total terdapat 79.294 siswa yang berminat kuliah di Universitas Jember. Data tersebut terdiri dari peminat di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 22.591 orang, peminat dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sejumlah 33.428 orang.

Sementara dari jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan – Diploma (PMDK-Diploma) ada 2.538 peminat. Adapun di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) terdapat 17.479 siswa yang berminat masuk ke Universitas Jember.

Diteruskan dengan peminat di jalur Ujian Masuk UNEJ sejumlah 2.997 orang. Dan khusus bagi lulusan diploma tiga yang ingin meneruskan studi ke jenjang sarjana melalui jalur Alih Jenis, mencatat pendaftar sejumlah 261 orang.

Dari keseluruhan jalur masuk tadi, ada 2.154 mahasiswa baru yang sudah registrasi dari jalur SNMPTN, 3.390 mahasiswa baru dari jalur SBMPTN, 345 orang mahasiswa dari jalur PMDK-Diploma, 1.616 mahasiswa baru dari jalur SBMPTBR. Sementara dari jalur Alih jenis ada 119 mahasiswa yang diterima.

Universitas Jember juga mendidik 20 orang mahasiswa baru dari program Afirmasi Papua-Papua Barat dan daerah 3T. Khusus dari jalur UM UNEJ, proses daftar ulang masih berproses, ada 555 orang yang diterima sehingga memungkinkan data jumlah mahasiswa baru mengalami perubahan. Dari keseluruhan mahasiswa baru tahun ini, ada 1.608 orang yang kuliah gratis melalui program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar