Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswa Asal Jakarta Datang ke Malang Bawa Virus Corona

Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Pemerintah Kota Malang mengumumkan satu pasien positif terinfeksi virua corona Covid-19. Pasien ini bukam warga Kota Malang, dia seorang mahasiswa, laki-laki menempuh pendidikan di Kota Malang dan tinggal di sebuah rumah indekost.

“Tidak memiliki riwayat keterkaitan dengan PDP positif sebelumnya dan atau dengan PDP yang sedang dalam perawatan. Yang bersangkutan berasal dari Jakarta, sedang menempuh pendidikan di kota Malang, dan di sini kost. Mengalami gejala klinis setelah menempuh perjalanan dari Jakarta, dan sudah masuk perawatan pada 20 Maret kemarin,” papar Kepala Bagian Humas Pemkot Malang, Nur Widianto, Senin, (30/3/2020).

Widianto menyebut seharusnya pasien ini tidak masuk data Pemerintah Kota Malang karena warga Jakarta. Namun, karena lokasi Jakarta yang jauh menjadi pertimbangan pasien ini dimasukan ke data Kota Malang. Dia kini dirawat di ruang isolasi rumah sakit Panti Waluya atau RKZ Kota Malang.

“Kemarin, (Minggu) baru keluar hasil labnya dinyatakan positif. Kalau mengacu data kependudukan sebagai warga Jakarta, seharusnya tidak menjadi data PDP positif kota Malang. Namun karena bentang kendali domisili memang relatif jauh dan apabila sembuh akan diisolasi di Malang, maka masuk dalam data kami,” kata Widianto.

Sebelumnya, tiga pasien positif corona, warga Kota Malang dinyatakan sembuh atau negatif dari virus corona. Kabar itu diumumkam pada Sabtu, (28/3/2020). Sehari bersalang mahasiswa asal Jakarta dinyatakan positif Covid-19. Untuk itu, Pemkot Malang meminta semua warganya untuk mematuhi imbauan psycial distancing.

“Jangan setelah mendapat kabar baik tiga pasien sembuh warga kemudian lengah. Ini sangat tidak boleh. Jangan mudah menyepelekan dan menyederhanakan perkembangan yang ada. Karena terbaru ada satu pasien positif corona. Artinya musuh kita virus corona masih ada di depan kita,” tandasnya. (luc/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar