Pendidikan & Kesehatan

Mahasiswi Soroti Persoalan Sampah di Gresik

Gresik (beritajatim.com)- Permasalahan sampah di Kabupaten Gresik terus berlarut-larut. Tidak heran kalau persoalan lingkungan tersebut menjadi sorotan mahasiswi asal Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Pasalnya, pemkab setempat dianggap gagal mengatasi sampah.

Mahasiswi yang tergabung dalam TCC (Trash Control Community) itu menyampaikan lima usulan pengendalian sampah plastik di Kabupaten Gresik. Terutama di Sungai Bengawan Solo dan Brantas hilir.

Koordinatoe research TCC, Ziadatur Rizqiah menyatakan, selama Agustus 2020 dilakukan inventarisasi timbunan sampah di Sungai Bengawan Solo. Tepatnya, di Kecamatan Bungah, Sidayu dan Ujungpangkah. Sedangkan untuk Kali Brantas, sampling dilakukan di Kecamatan Wringinanom dan Driyorejo.

Tim yang dikoordinasi Mahasiswa Biologi semester V itu menemukan lebih dari 54 titik timbunan sampah di sepadan sungai. Padahal, sepadan sungai ada larangan dijadikan tempat sampah. “Kami mengusulkan agar Bupati Gresik memprioritaskan penanganan sampah plastik dengan membentuk relawan tim pengontrol serta memberlakukan patroli sungai,” ujar Riqziah, Selasa (8/9/2020).

Selain mengusulkan pengendalian tempat sampah di sepadan sungai, kata Riqziah, timnya juga mengusulkan agar Pemkab Gresik membuat regulasi terkait pembatasan penggunaan sampah plastik sekali pakai. Misalnya tas kresek, botol minuman, sachet, hingga styrofoam.

“Kondisi sampah di Gresik sudah mengkuatirkan. Karena itu, kami juga menemukan kontaminasi mikroplastik dalam udang dan ikan hang sering dikonsumsi warga,” ungkapnya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sampah, lanjut dia, pihaknya juga sempat mendatangi kantor bupati. Kedatangannya dimaksudkan bertemu dengan Bupati Sambari Halim Radianto. “Upaya bertemu dengan Bupati Gresik untuk beraudensi gagal. Sebab, bupati ada kegiatan lain,” kata Riqziah.

Kendati belum bertemu bupati, kelima mahasiswi itu rencananya minggu depan ke kantor Pemkab Gresik lagi untuk bertemu bupati. [dny/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar