Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Demi Perkuat Testing dan Tracing

Luhut Ajak Masyarakat Tidak Takut Swab

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meninjau penanganan Covid-19 di Malang Raya.

Malang (beritajatim.com) – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta masyarakat untuk tidak takut swab. Saat ini pemerintah sedang gencar melakukan testing dan tracing kepada kontak erat pasien Covid-19.

Luhut bahkan bercerita jika dirinya dua kali sekali dalam satu minggu melakukan swab demi memastikan kondisi tubuhnya sehat. Apalagi jika ada jadwal bertemu dengan Presiden Joko Widodo dia harus swab terlebih dahulu.

“Jangan takut di Swab. Saya saja rata-rata selama seminggu itu bisa 2 kali swab. Kalau mau ketemu Presiden, sudah pasti swab. Kalau swab berkali-kali itu bukan hal yang aneh kok,” kata Luhut di Malang, Jumat (13/8/2021).

Sementara itu, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pentingnya melakukan swab untuk mendeteksi dini penyebaran Covid-19. Dalam lingkup keluarga jika ada yang positif Covid-19 ada kemungkinan kontak erat atau orang terdekat turut terpapar.

“Karena kalau kita swab, dan kita tahu hasilnya, itu bisa melindungi keluarga kita. Yang bahaya itu kalau tidak mau di swab jadi tidak tahu. Penyakit ini cepet kok di sembuhin,” imbuh Budi.

Budi bersama Luhut dalam kunjungan ke Malang meninjau isolasi terpusat (Isoter) di Safe House, Jalan Kawi, Kota Malang. Dia menyampaikan kepada pasien Covid-19 bila ada anggota keluarga bergejala segera dilakukan tes swab. Selanjutnya mereka akan ditempatkan di isoter.

“Titip pesan ya, kalau ada keluarga yang deket kita, kita kena, di swab aja. Ini sama aja di cek suhu temperatur oh ternyata tinggi ya dirawat. Makannya enak kok (isoter). Nanti otomatis akan sembuh sendiri kok,” tandas Budi. [luc/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar