Pendidikan & Kesehatan

Luar Biasa, Kecamatan di Ponorogo Ini Berstatus Zona Hijau

Foto ilustrasi

Ponorogo (beritajatim.com) – Kasus Covid-19 di Ponorogo berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur ada 2453 kasus. Dari jumlah tersebut, saat ini yang menjalani isolasi sebanyak 333 pasien. Yang menyebar di sebagian besar kecamatan di bumi reyog.

Namun, dalam dua minggu terakhir, ada satu kecamatan di Ponorogo yang zero dari Covid-19. Yakni kecamatan Pudak. Kecamatan yang berada di 34 kilometer dari pusat kota tersebut, satu-satunya kecamatan yang berpredikat zona hijau.

“Posisi Kecamatan Pudak memang zero pasien Covid-19 dalam dua minggu terakhir,” kata Plt. Camat Pudak Agus Susanto, Senin (15/2/2021).

Agus menyebut jika jumlah pasien Covid-19 dari Kecamatan Pudak, sejak pandemi melanda hingga saat ini, tercatat hanya 4 orang saja. Rata-rata merupakan warga Pudak yang berada di luar kota. Sehingga kontak tracing yang berada di lingkungan juga kecil.

“Tracing bagi warga yang positif juga kecil. Sebab jika ada yang pulang dari luar kota, diwajibkan isolasi mandiri dulu,” katanya.

Pasien terakhir yang positif merupakah mahasiswa yang kuliah di Madura. Pulang ke Pudak menjalankan rapid test dengan hasil reaktif. Tidak memungkinkan untuk isolasi mandiri di rumah, akhirnya yang bersangkutan menjalani isolasi di balai desa.

“Sudah sembuh, sudah menjalani isolasi lebih dari 10 hari,” katanya.

Meskipun berstatus zona hijau, namun masyarakat di Pudak juga menerapkan PPKM berskala mikro. Kegiatan yang berpotensi memunculkan kerumunan, seperti arisan atau yasinan di tunda dahulu.

“Kami edukasi tiap RT apa itu PPKM skala mikro. warga lingkungan yang menerapkan, sedangkan pihak desa melakukan monitor,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar