Pendidikan & Kesehatan

Lomba Baca Berita Tingkat SMP dan SMA Sederajat Memasuki Babak Final

Salah satu finalis lomba baca berita yang diselenggarakan PWI Gresik sedang mengasah kemampuannya di hadapan juri

Gresik (beritajatim.com) – Lomba baca berita yang diikuti ratusan pelajar tingkat SMP, dan SMA sederajat yang diselenggarakan PWI Gresik memasuki babak final. Sebelum ditentukan menjadi juara, para peserta berkesempatan belajar bareng bersama Aiman Witjaksono, salah satu presenter profesional melalui virtual.

Aiman menuturkan, untuk mengembangkan bakat para pelajar ini hanya ada dua cara. Yakni wadah, dan pelatihan. Untuk itu, dirinya menyarankan agar para pelajar berkolaborasi untuk mengembangkan bakatnya sebagai wadah. Menurutnya, tidak ada jalan lain kecuali kolaborasi.

“Para pelajar bisa mengembangkan bakatnya melalui TV komunitas, bisa kolaborasi dengan kampus, pemda, atau pihak lainnya,” tuturnya, Senin (22/02/2021).

Untuk pelatihannya, kata dia, para pelajar bisa menggandeng komunitas lain. Soal nanti di depan bagaimana tergantung kreatifitas pengelola. Mungkin juga perlu kerjasama dengan pihak ketiga.

Dalam kesempatan itu, sejumlah finalis lomba baca berita juga tak segan memanfaatkan kesempatan belajar bareng Aiman untuk bertanya. Sadrina Pramesti dan Irsyad Maulana dari SMAN 1 Kebomas misalnya, keduanya bertanya teknis menjadi news anchor yang baik.

Pertanyaan itu, langsung dijawab Aiman dengan gamblang. Sementara itu, Ketua PWI Gresik Sholahuddin menyatakan dengan adanya lomba tahunan ini bisa berkontribusi mengembangkan literasi di dunia pendidikan. Selain itu, PWI juga berkomitmen tidak akan berhenti setelah pengumuman juara lomba. Para finalis ini akan terus diorkestrasi untuk mengasah bakat mereka masing-masing.

“Nanti setiap ada kesempatan tampil di publik, mereka tentunya akan kami ajak. Kita juga memfasilitasi mereka agar bisa jadi host di podcast PWI Gresik,” pungkasnya. [dny/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar