Pendidikan & Kesehatan

Literasi Alquran di Sidoarjo, Khatam 114 Kali

Sidoarjo (beritajatim.com) – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam SMP Kabupaten Sidoarjo, melaksanakan gerakan Literasi Alquran di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Sabtu (26/10/2019).

Gerakan Literasi Alquran ini untuk membangun karakter penerus bangsa. Karena Alquran berisi pedoman hidup yang semestinya dijadikan rujukan oleh ummat Islam dalam menjalankan kehidupannya.

Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Sidoarjo Abdul Mujib menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019. Hanya saja, kegiatan tersebut tidak masuk dalam agenda HSN yang dilaksanakan pemerintah.

“Literasi Alquran tahun lalu sudah kami laksanakan juga, tapi di sekolah. Baru tahun ini kita laksanakan gebyarnya di Pendopo Delta Wibawa,” katanya.

Dia menyebutkan, peserta Literasi Alquran adalah pelajar SMP Negeri dan Swasta di Kabupaten Sidoarjo. Dari 102 sekolah, masing-masing mengirimkan 30 siswa. Sehingga total peserta sekitar 3.000 lebih.

Dan masing-masing siswa membaca 1 Juz dalam waktu 1 jam. Mulai pagi hingga siang para siswa dan guru telah mengkhatamkan Alquran sebanyak 114 kali sesuai jumlah surat dalam Alquran.

“Kedepan nanti di sekolah-sekolah akan digalakkan dengan waktu yang sama, untuk menggelorakan baca Alquran di setiap sekolah baik negeri maupun swasta, kalau bisa tidak hanya di tingkat SMP tapi MTs juga,” jelasnya.

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah sangat senang dan bangga dengan kegiatan Literasi Alquran yang dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa. Aalagi, menurutnya, Sidoarjo juga pernah mendapat penghargaan sebagai kabupaten peduli pendidikan agama Islam.

“Mari bahu membahu, membantu, bertukar pikiran, bertukar pengalaman untuk menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan. Hal itu guna membangun Kabupaten Sidoarjo. Apa yang diprogramkan Pemkab Sidoarjo mohon didukung, demi kemajuan Indonesia yang kita cintai,” harapnya. [isa/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar