Pendidikan & Kesehatan

Lima Ribu Mahasiswa KKN di Sepanjang Sungai Brantas

Jember (beritajatim.com) – Sebanyak 5000 mahasiswa dari 16 perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur, termasuk Universitas Jember, terlibat dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif Brantas Tuntas sejak awal Januari hingga medio Februari 2020.

Program ini bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan dilaksanakan di sejumlah kabupaten di Jawa Timur yang dilewati oleh aliran sungai Brantas.

“Tujuannya mengedukasi masyarakat di sepanjang aliran sungai Brantas sekaligus menjaga kelestariannya,” kata Ketua Pusat KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember Ali Badrudin, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej di Kabupaten Jember, Selasa (7/1/2020).

Ada 20 orang mahasiswa Unej yang bergabung dalam program KKN Kolaboratif Brantas Tuntas. Mereka diterjunkan di Desa Bangun, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto.

Ali mengatakan, ada empat program yang dilaksanakan di Desa Bangun. “Peningkatan kualitas hidup masyarakat, pelestarian lingkungan, pembangunan kewirausahaan, serta tata kelola pemerintah desa yang baik,” jelasnya.

Verdy Pratama, salah satu mahasiswa, menjalankan program peningkatan kualitas hidup masyarakat. “Salah satu di antaranya bagaimana menghilangkan kebiasaan BAB di sungai,” kata mahasiswa Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik ini. [wir/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar