Pendidikan & Kesehatan

Lima Pusat Perbelanjaan di Banyuwangi Dirapid Test Masal

Banyuwangi (beritajatim.com) – Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Banyuwangi kembali melakukan rapid test masal di pusat perbelanjaan. Kali ini menyasar warga dengan skala yang lebih besar.

Gugus Tugas melakukan tes cepat di lima titik. Tiga di Kota Banyuwangi, dua tempat masing-masing di supermarket Kecamatan Gambiran dan Kecamatan Genteng.

“Hari ini kita lakukan tes serentak di lima titik, tiga di kota di antaranya roxy, vionata dan ramayana. Kemudian di wilayah selatan kita laksanakan di KDS (Genteng) dan Mitra (Jajag-Gambiran),” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 Banyuwangi dr Widji Lestariono, Rabu (13/5/2020).

Dari lima tempat itu, kata Rio, menyasar para karyawan toko dan ratusan pengunjung. Mereka diambil sample darahnya secara acak. “Tujuannya, untuk melihat kondisi perkembangan penyebaran virus corona di tengah masyarakat. Karena selama ini, masyarakat kan belum terakomodir untuk melakukan pemeriksaan rapid test,” katanya.

Pasalnya, lanjut Rio, selama ini Gugus Tugas fokus pada pemeriksaan bagi warga yang reaktif. Di antaranya, warga yang tercatat sebagai pasien dalam pengawasan, warga yang kontak erat dengan pasien konfirmasi positif corona dan petugas medis di ring satu. “Hasil dari rapid test ini akan menjadi kajian bagi kami untuk melakukan tindakan lebih lanjut,” terangnya.

Bagi mereka yang ditemukan reaktif dalam rapid test, Gugus Tugas meminta untuk melakukan isolasi mandiri. Gugus tugas juga akan melakukan pemantauan secara medis berkala kepada yang bersangkutan. “Jika menunjukkan kondisi yang meningkat, maka akan dilakukan tes swab kepada yang bersangkutan,” pungkasnya.

Sejauh ini data warga Banyuwangi yang masuk dalam orang dalam pantauan (ODP) sebanyak 781 orang, PDP 18 orang, dan 4 orang positif di antaranya dua dirawat satu meninggal dan satu sembuh. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar