Pendidikan & Kesehatan

Libur Lebaran Stok Darah PMI Aman

Gresik (beritajatim.com) – Selama libur Lebaran unit donor darah (UDD) PMI Gresik memastikan stok darah dalam posisi aman. Saat ini, PMI Gresik berhasil mengumpulkan 519 kantong darah.

Kepala UDD PMI Gresik dr Jufrita Endriana mengatakan, jumlah 519 stok kantong darah itu dapat memenuhi hingga setelah lebaran. Stok itu memang dikumpulkan mendekati Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, stok yang tersedia sebelumnya tidak bisa dijamin bertahan hingga lebaran nanti.

“Stok darah yang disimpan memang kadalurwarsanya. Jadi stok darah harus diperbaharui terus. Nah perolehan dari donor darah massal kkami pastikan mencukupi,” tuturnya, Senin (3/06/2019).

Jufrita menambahkan, dari jumlah yang terkumpul itu tidak semuanya lolos seleksi. PMI Gresik masih harus mensortir darah itu. Jika memang layak bisa diteruskan ke pengelolaan berikutya. Jika tidak, bisa gunakan kebutuhan lain. “Tetap kami sortir dulu untuk proses selanjutnya,” imbuhnya.

Selain memenuhi kebutuhan darah masyarakat Gresik sekitar. PMI Gresik
juga memenuhi kebutuhan dari luar kota. Kemudian, stok darah itu juga untuk antisipasi kejadian mendadak. Seperti kecelakaan lalu lintas. Misalnya, di daerah Lamongan, Bojonegoro, Tuban, hingga Mojokerto.

Sampai bulan Mei 2019, PMI Gresik sudah mengumpulkan 9.877 kantong. Selama setahun PMI Gresik ditarget 23 ribu kantong.

“Melihat antusias masyarakat Gresik untuk donor kami yakin tercapai. Tahun lalu juga melebihi target. Dari target 22 ribu dapat dikumpulkan 23 ribu,” pungkasnya. (dny/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar