Pendidikan & Kesehatan

Libatkan ‘Emak-emak’ Kampanyekan Ingat Pesan Ibu 3M

Sumenep (beritajatim.com) – Kepala Desa Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Zulfikar Ali Mustakim, melibatkan ’emak-emak’ di desanya untuk ikut aktif mengkampanyekan patuhi protokol kesehatan.

“Keterlibatan ibu-ibu ini terutama melalui ajang ‘kompolan’ atau pertemuan, dan Yasinan di kampung-kampung. Saya selalu ingatkan agar menyelipkan pesan ajakan kepada warga untuk mematuhi protokol kesehatan,” katanya, Rabu (04/11/2020).

Kepala desa yang pernah menjadi pelopor kampung tangguh ini menuturkan, peran ibu-ibu dalam pencegahan penyebaran Covid-19 tidak bisa dientengkan. Di awal masa pandemi, ibu-ibu di desanya secara gotong royong membuat 4.000 masker kain.

“Kain bahan maskernya ini sumbangan sukarela dari ibu-ibu. Yang njahit ya ibu-ibu ini sendiri, kemudian dibagi-bagikan gratis,” ujarnya.

Kampanye ‘Ingat Pesan Ibu’ 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, juga dilakukan bersama relawan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami punya 60 orang relawan dari berbagai elemen. Tidak hanya perangkat desa. Ada juga para tenaga medis dan paramedis, kemudian tokoh masyarakat, dan kalangan ibu-ibu. Semuanya bahu membahu mengkampanyekan taat protokol kesehatan,” terangnya. [tem/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar