Pendidikan & Kesehatan

Legislator Nasdem Sarankan Pergantian Jubir Satgas Covid Jember

Jember (beritajatim.com) – Dannis Barlie Halim, legislator Nasional Demokrat di Komisi D DPRD Jember, Jawa Timur, menyarankan agar juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 diganti. Selama ini publik kekurangan informasi mengenai perkembangan Covid-19.

“Selama ini ada keluhan teman-teman media, bahwa informasi soal Covid di Jember agak sulit. DPRD Jember sendiri minim informasi,” kata Dannis, dalam rapat dengar pendapat, di ruang Komisi D DPRD Jember, Selasa (10/11/2020).

Dannis menilai posisi juru bicara seharusnya tidak dipegang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember. “Seharusnya pihak Dinkes yang pegang, sehingga kalau ada pertanyaan yang urgen, bisa langsung mengonfirmasi,” kata Dannis, mencontohkan juru bicara penanganan Covid di daerah-daerah lain yang dipegang direktur rumah sakit atau kepala dinas kesehatan setempat.

“Bukan ranah Diskominfo di bidang kesehatan meski ditunjuk sebagai jubir. Ketika ada pertanyaan urgen dari masyarakat, masih bertanya kepada Dinkes. Kalau Dinkes langsung yang jadi juru bicara, bisa cepat terselesaikan,” kata Dannis, mengingatkan bahwa masalah Covid-19 sangat sensitif di masyarakat.

Masalah komunikasi publik sangat penting dalam penanganan Covid-19, terutama dalam menepis isu-isu tak sedap. Salah satu isu tak sedap itu adalah adanya kesengajaan membuat pasien di rumah sakit berstatus pasien Covid-19. Isu itu muncul karena ketidaktahuan masyarakat. ‘Komunikasi cukup penting untuk masyarakat umum,” kata Dannis.

Kepala Dinas Kesehatan Dyah Kusworini mengatakan, dalam satgas sudah ada beberapa bidang dengan tugas masing-masing. “Informasi dan masukan akan kami sampaikan kepada satgas,” katanya.

Menurut Kusworini, dalam sekretariat, ada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, tim ahli yang terdiri atas beberapa dokter spesialis dan akademisi. Bidang I adalah bidang data dan informasi. “Bidang II adalah bidang komunikasi publik,” katanya.

Edukasi publik seharusnya sudah disiapkan tim ahli dan dikomunikasikan oleh Bidang II yang diketuai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember. Bidang III adalah bidang perubahan perilaku, Bidang IV adalah penanganan kesehatan. Dinkes dan tiga rumah sakit berada di Bidang IV. Bidang V adalah penegakan hukum dan kedisiplinan. Bidang VI adalah relawan yang menangani pemakaman dan lain-lain.[wir/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar