Pendidikan & Kesehatan

Lebih Dekat Dengan Autisme, Maka Sesama Orangtua Harus Saling Suport

Cemas, bingung, sedih, dan berbagai pertanyaan selalu menghampiri mereka yang memiliki buah hati spesial berkebutuhan khusus. Bagaimana nasib anak saya ke depan?  Akankah mereka mandiri?  Apa yang harus saya lakukan sebagai orang tua?
Tetapi semuanya bisa ditangani dengan banyaknya sharing dan berbagi pengalaman sesama orangtua. Dalam rangka mengakomodasi pertanyaan dan kegelisahan orang tua tersebut dan menyambut Hari Peduli Autis Sedunia FORKASI Chapter Surabaya menggelar seminar (parenting)  dengan judul “Autism Parent’s Talk” di ibis Style Surabaya, Sabtu (15/3/2020).
Seminar ini menghadirkan Lydiawati MZ, seorang Ibu dari penyandang Autisme, dan juga penulis buku A Worthy Race. Buku ini menceritakan perjuangan pribadinya saat harus berpacu dengan waktu (usia anak) dalam membesarkan sang buah hati.
“Tidak mudah tetapi ini adalah tantangan dan kita harus terus memperkaya wawasan tentang autism ini,” bebernya.
Peserta seminar yang sudah sangat antusias sejak awal pendaftaran ini tentunya akan mendapatkan banyak sekali manfaat dalam membesarkan anak-anak spesial mereka. Karena seminar ini mengajarkan dasar-dasar kehidupan bagi ABK seperti komunikasi baik verbal maupun non verbal, akademik sederhana seperti baca tulis hitung, dan cara pembelajaran apa yang paling cocok dengan karakter anak.
“Selain itu peserta juga akan mendapatkan waktu khusus untuk bertanya segala permasalahan tumbuh kembang anak dan mengeluarkan uneg-uneg isi hati yang selama ini membuat kehidupan mereka terasa terbebani karena belum tahu harus berbuat apa untuk anak-anak spesialnya,” ungkap Rosita Simin, Ketua Forkasi Surabaya.
Sebagai wadah perkumpulan orang tua dengan anak berkebutuhan khusus, Forkasi Chapter Surabaya memang kerap aktif dalam mensosialisasikan berbagai informasi baik melalui Grup WA, Parenting Online, Talk Show maupun Seminar.  Harapan ke depan adalah orang tua mampu memberikan yang terbaik untuk kehidupan anak-anak spesial mereka.[rea/ted]




Apa Reaksi Anda?

Komentar