Pendidikan & Kesehatan

Lapas Kelas I Lowokwaru Minta 3.303 Warga Binaan Divaksin

Kalapas Kelas I Malang, Anak Agung Gede Krisna.

Malang(beritajatim.com) – Lembaga Pemasyarakatan menjadi tempat yang sulit menerapkan anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Terutama soal physical distancing atau anjuran jaga jarak.

Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Lowokwaru, Kota Malang misalnya untuk penerapan masker dan cuci tangan bisa diterapkan dengan disiplin. Tetapi untuk, jaga jarak sangat sulit dilakukan. Sebab, Lapas ini memiliki kapasitas 1.217 orang tetapi saat ini diisi 3.303 warga binaan melebihi kapasitas.

Kalapas Kelas I Malang, Anak Agung Gede Krisna berharap warga binaan di Lapas Kelas I Lowokwaru masuk dalam daftar vaksinasi. Sebab, mereka tidak bisa menerapkan jaga jarak. Kini mereka menunggu instruksi dari pusat untuk vaksinasi warga binaan.

“Kita tetap jalankan 3 M tetapi kita tidak bisa maksimal. Harapannya wargaa binaan juga disuntik vaksin, warga binaan harus divaksin. Kita tunggu instruksi lanjutan dari pusat, karena physical distancing tidak bisa dilakukan di Lapas,” kata Agung, Senin, (1/3/2021).

Agung mengatakan, vaksinasi untuk warga binaan di dalam Lapas bisa dilakukan pada tahap tiga atau tahap empat. Apalagi, meski di dalam Lapas status warga binaan sama dengan warga lainnya. Perbedaannya kini mereka sedang menjalani hukuman di dalam Lapas.

“Kita paham secara bertahap, di Lapas juga ada masyarakatnya yang sedang dalam menjalain hukuman. Ada 3.303 warga binaan yang hidup di dalam Lapas,” ujar Agung.

Agung mengungkapkan, vaksinasi untuk warga binaan akan dilakukan di dalam Lapas Kelas I Lowokwaru. Mereka telah menyiapkan tempat khusus untuk vaksinasi. Begitu juga dengan tenaga kesehatan 7 orang yang terdiri dari dokter dan perawat.

“Satu Minggu lalu selama tiga hari 7 tenaga kesehatan kami menjalani pelatihan. Ada jam pembelajaran menjadi vaksinator pelatihan itu. 7 orang ini tenaga kesehatan lapas terdiri perawat, dan dokter,” tandas Agung. (Luc)



Apa Reaksi Anda?

Komentar