Pendidikan & Kesehatan

Lansia Kota Malang Siapkan Handphone Android untuk Ketahui Jadwal Vaksin

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif.

Malang(beritajatim.com) – Dinas Kesehatan Kota Malang terus mematangkan persiapan vaksinasi drive thru untuk kategori lansia. Mekanismenya sedang diatur. Kemungkinan besar daftar penerima hingga jadwal vaksinasi diakses di aplikasi berbasis android bernama halodoc.

Kepala Dinkes Kota Malang, Husnul Muarif mengatakan, untuk lansia yang kesulitan mengakses aplikasi halodoc. Bisa dibantu oleh anak atau kekuarga lain dalam melakukan pendafraran atau mengecek jadwal vaksinasi drive thru.

“Sementara ini yang sudah dikomunikasikan namanya Halodoc (aplikasi). Untuk lansia yang tidak punya handphone mungkin nanti yang mendaftarkan anaknya. Atau nanti keluarga yang lain,” kata Husnul, Kamis, (18/3/2021).

 

Husnul mengungkapkan, pemilihan aplikasi halodoc adalah alternatif. Sebab, sampai saat ini Pemkot Malang belum mengetahui jumlah vaksin yang akan diterima. Vaksinasi lansia masih masuk dalam tahap II. Jumlah sementara sekira 90 ribu vaksin. Tetapi jumlah ini belum dimutakhirkan lagi.

“Karena kepastian daripada pengiriman ini masih belum sehingga pendaftaran pengumuman secara resmi dari Pemkot Malang itu juga masih belum. Kesiapannya masih menunggu kepastian vaksin yang dikirim. Jadi sementara aplikasi halodoc,” papar Husnul.

Vaksinasi drive thru bagi lansia nantinya akan dilakukan bertepatan dengan hari jadi Kota Malang ke 107 pada 1 April 2021. Sementara tempat yang sudah disiapkan di kawasan Jalan Sultan Agung, Kota Malang yang berada sekira 100 meter dari Balai Kota Malang. “Tempatnya di samping Balai Kota. Jadi kan di dalam administrasi pendaftarannya itu nanti sudah ada sesi berapa dan jam berapa itu dibagi. Jadi itu strategi yang dipakai untuk menghindari kerumunan,” tandasnya. (luc/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar