Pendidikan & Kesehatan

Lansia di Ponorogo Bakal Divaksin Minggu Depan

Vaksinasi terhadap petugas pelayanan publik di Gedung Sasana Praja beberapa waktu yang lalu. (Foto/Istimewa)

Ponorogo (beritajatim.com) – Selain petugas pelayanan publik, Pemkab Ponorogo bakal melakukan vaksinasi terhadap lanjut usia (lansia). Sesuai intruksi dari Kementrian Kesehatan, lansia menyusul menjadi masuk prioritas vaksinasi pada tahap kedua ini. Hal itu dilakukan karena prosentase lansia yang terpapar Covid-19 di Indonesia cukup tinggi.

“Insyallah akhir minggu ini atau minggu depan, kita akan mulai vaksinasi dosis pertama untuk lansia,” kata Kadinkes drg. Rahayu Kusdarini, Selasa (9/3/2021).

Warga yang tergolong lansia adalah meraka yang berumur diatas 60 tahun. Selain itu syarat yang mutlak adalah penduduk Ponorogo. Lansia yang secara fisik sehat, lansia tersebut bisa divaksin. Walaupun memiliki penyakit kronis, namun kondisi fisiknya bagus tetap bisa divaksin.

“Walaupun umur 100 tahun lebih, kalau memenuhi syarat bisa divaksin,” katanya.

Menurut data dari Dinkes Ponorogo, jumlah petugas pelayanan publik dan lansia di bumi reyog mencapai 226 ribu orang. Rencananya, jumlah tersebut akan divaksin semua. Namun, Irin menggarisbawahi bahwa pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Sebab vaksinasi juga menyesuaikan ketersediaan vaksin.

“Vaksin datangnya juga bertahap, sasaran yang sudah terdata akan divaksin, tetapi juga akan bertahap,” pungkasnya. [end/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar