Iklan Banner Sukun
Pendidikan & Kesehatan

Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris dari Rumah

Sumber foto : Pixabay/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Bahasa Inggris dinilai menjadi bahasa universal karena selalu digunakan meskipun ke belahan dunia manapun. Bahasa Inggris juga dapat mempermudah saat berkomunikasi dengan orang dari luar negeri. Selain itu, fasih dalam bahasa Inggris juga bisa menjadi nilai plus saat akan mencari pekerjaan. Jadi bisa dibilang bahwa mempelajari Bahasa Inggris ini termasuk hal yang penting.

Beberapa orang menganggap bahwa Bahasa Inggris rumit untuk dipelajari. Belum lagi, untuk mengikuti les atau lembaga pembelajaran Bahasa Inggris terbilang cukup mahal. Namun, itu bukan menjadi alasan kalian tidak mau belajar Bahasa Inggris, sangat disayangkan karena banyak keuntungan yang kalian dapatkan dari Bahasa Inggris.

Mempelajari bahasa bisa dilakukan secara otodidak, bahkan sembari bersantai di rumah saat tak ada kegiatan. Hal itu akan menjadi mudah asalkan ada niat dan menghindari rasa malas. Kami beri beberapa tips untuk mempelajari Bahasa Inggris secara mandiri.

1. Mengetahui kosakata sehari-hari

Belajar Bahasa Inggris bisa dimulai dari apa yang sering kita ucapkan dalam keseharian. Cari tau bahasa Inggris dari benda-benda di sekitar. Bisa melalui buku, kamus online, atau teknologi canggih google translate. Pelajari hal-hal mendasar karena ini yang akan kita gunakan saat berkomunikasi dengan orang lain.

2. Belajar dari lagu

Lagu memiliki pengaruh besar dalam mempermudah pembelajaran. Bisa dengan mengulik lagu barat favorit kalian, coba artikan lagu tersebut ke Bahasa Indonesia, cari kosakata baru yang tidak kalian pahami. Lagu akan memudahkan kalian untuk mengingat kata-kata dan bahasa yang sulit, karena suatu lagu biasanya memiliki makna yang lain.

3. Film barat

Jika biasanya kalian menggunakan subtitle Bahasa Indonesia untuk film barat, maka secara bertahap ubahlah kebiasaan itu. Seperti mengganti ke subtitle Bahasa Inggris sehingga kalian mengerti apa yang diucapkan dan bagaimana cara pengucapannya. Hingga berusaha untuk tidak menggunakan subtitle sama sekali, ini akan melatih pendengaran kalian saat seseorang berbicara Bahasa Inggris.

4. Baca buku

Buku yang dimaksud tidak selalu kamus, tapi bisa juga novel atau cerita pendek berbahasa Inggris. Mulailah dengan buku-buku ringan yang memiliki Bahasa Inggris lebih umum, apabila sudah terbiasa, bisa berpindah ke novel yang berat bahkan novel sasttra. Catatlah setiap kosakata yang kalian tidak mengerti. Cara ini memang membutuhkan waktu yang sedikit lama, namun bisa meresap dalam daya ingat kalian.

5. Menulis Bahasa Inggris

Untuk percobaan pertama, bisa dari tulisan yang ringan dan singkat. Bahkan sebenarnya, caption yang kalian tulis saat mengunggah foto di media sosial bisa jadi media pembelajaran. Bisa juga menulis puisi bagi kalian yang menyenangi kata-kata indah. Sesuaikan dengan tulisan yang kalian sukai agar lebih mudah.

6. Praktek berbicara dengan sendiri

Eits, jangan merasa aneh dengan kegiatan aneh. Berlatih berbicara akan membuat kalian lebih aktif dalam berbahasa Inggris. Kebanyakan orang biasanya mudah memahami apa yang dikatakan orang lain tetapi tidak bisa menjawabnya. Oleh karena itu, percobaan ini akan membuat kalian lebih aktif dalam berbahasa Inggris.

Nah, bagaimana? Belajar Bahasa Inggris ternyata mudah dan bisa menjadi menyenangkan kan? Kembali lagi pada niat masng-masing orang, jika ada kemauan yang gigih, pasti aka nada jalan. [mnd/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar