Pendidikan & Kesehatan

Lamongan Segera Miliki Rumah Sakit Mata

Lamongan (beritajatim.com) – Kabupaten Lamongan dalam waktu dekat akan segera memiliki rumah sakit mata bertaraf nasional. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan Klinik Mata Utama (KMU) Eye Hospital di Desa Ploso Wahyu, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan.“

Founder KMU Eye Hospital dr Uyik Unari, Sp.M (K) menuturkan, alasan didirikannya rumah sakit mata di Lamongan karena saat ini penyakit gangguan mata masih membayangi ribuan masyarakat, termasuk di Lamongan serta Jawa Timur.

“Penanganan penyakit mata dibutuhkan dokter mata sub spesialis yang bisa menanganinya secara khusus, termasuk edukasi kepada masyarakat untuk turut menjaga dan merawat kesehatan mata. Penderita gangguan mata ini harus segera mendapatkan tindakan agar penglihatan kembali lebih jelas,” tuturnya, Senin (25/10/2020).

KMU Eye Hospital sebelumnya berdiri tahun 2010 di Kabupaten Gresik. Selanjutnya, klinik khusus penyakit mata tersebut mengembangkan di Lamongan, Bangkalan, Bojonegoro, dan Sidoarjo. Bahkan, telah bekerjasama dengan rumah sakit lainnya.

“Sudah 10 tahun kami melakukan operasi katarak gratis 6.000 pasien diluar BPJS. Harapannya, KMU di Lamongan tidak hanya melayani penyakit katarak saja. Tapi juga melakukan transpalasi kornea. Sebab, total ada 60 dokter mata yang tergabung,” ungkap Uyik Unari.

Sementara, Bupati Lamongan Fadeli menyatakan, dirinya mengapresiasi berdirinya rumah sakit mata pertama di Lamongan. Dirinya, berharap kalau bisa maju seperti di daerah lain.

“Kami ingin soal pelayanan penanganan penyakit mata tetap di urutan pertama utamanya pelayanan kesehatan. Tidak hanya sekedar ada tapi kualitas apalagi spesialis mata,” katanya.

Bupati dua periode ini juga menyatakan kalau sudah beroperasi, masyarakat yang mengalami gangguan penyakit mata bisa langsung ditangani. Masyarakat Lamongan tidak perlu datang ke RS Mata Undaan Surabaya.

Kebutuhan rumah sakit ini kian penting karena sekarang sedang pandemi Covid-19. “Kita Lamongan saat ini sudah zona kuning. Saya bermimpi bagaimana bisa ke zona hijau,” ujarnya.

Sesuai schedule-nya rumah sakit mata di Lamongan ini bakal beroperasi tahun depan. Manajemen KMU Eye Hospital menargetkan pembangunannya selesai dalam satu tahun. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar