Pendidikan & Kesehatan

Lalui Masa Positif Corona, Kepala Kemenag Malang : Kuncinya Jangan Terlalu Khawatir

Wali kota Malang Sutiaji meninjau RSUD Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Salah satu pasien virus corona Covid-19 di Kota Malang dinyatakan sembuh. Dia adalah Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Malang, Musta’in. Dia masuk data pasien Pemkot Malang karena statusnya sebagai warga Kota Malang.

Musta’in dinyatakan positif virus corona pada 23 April 2020 setelah pulang dari pelatihan haji. Dia masuk dalam cluster Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Pada Jumat, 8 Mei 2020 kemarin, dia dinyatakan sembuh dari virus corona.

“Hasil swab lagi sudah keluar, dan alhamdulilah negatif. Tidak shock karena memang saya sudah siap. Yang terpenting jangan terlalu khawatir, tidak baik,” ujar Musta’in, Minggu, (10/5/2020).

Musta’in mengungkapkan, kunci kesembuhan selain tidak berfikir berlebihan adalah tetap menjaga physicial distancing selama menjalani isolasi mandiri di rumah. Isolasi dilakukan agar tidak menulari anggota keluarga atau warga lainnya. Sementara untuk kesembuhan dia selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi.

“Dari awal saya juga sudah siap karena banyak teman dari pelatihan haji yang juga positif. Kalau hasil uji swab keluar ya tinggal isolasi saja. Tetap menerapkan physical distancing. Makan-makanan bergizi dan konsumsi vitamin,” kata Musta’in.

Adapun data Covid-19 Kota Malang Per 10 Mei 2020, orang dengan resiko (ODR) 1.960 orang, orang tanpa gejala (OTG) 258 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 791 orang, serta pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 192 orang. Dan PDP yang meninggal dunia sebanyak 14 orang. Pasien positif sebanyak 24 orang dari jumlah itu 10 pasien dinyatakan sembuh dan 14 masih dalam perawatan.

“Untuk warga Malang Raya, pesan saya tetap ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dan jaga kondisi daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi,” tandasnya. (luc/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar