Pendidikan & Kesehatan

Lagi, Tenaga Kesehatan di Puskesmas Terpapar Covid-19

Sumenep (beritajatim.com) – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep kembali bertambah. Hari ini bertambah dua orang, sehingga total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumenep sebanyak 73 orang.

“Kedua pasien baru ini berjenis kelamin laki-laki, status awalnya adalah pasien dalam pengawasan (PDP) yang menjalani rawat inap di RSI Garam Kalianget,” kata Humas Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya, Rabu (1/7/2020).

Pasien baru itu, yakni pasien nomor 72 berumur 55 tahun warga Kecamatan Batuan yang merupakan tenaga kesehatan di Puskesmas Saronggi. Sedangkan pasien nomor 73 berumur 38 tahun berdomisili di Kecamatan Kota Sumenep merupakan karyawan swasta. “Kedua pasien itu sekarang dirawat intensif di ruang isolasi di RSI Kalianget,” ujarnya.

Tenaga kesehatan di Sumenep yang terpapar Covid-19 bukan baru pertama. Sebelum pasien nomor 72, sudah ada beberapa tenaga kesehatan di Puskesmas yang terpapar Covid-19. Diantaranya dokter di Puskesmas Bluto, perawat di Puskesmas Manding, dan Batang-batang.

“Masyarakat diminta untuk tidak panik dan tetap waspada. Terapkan kebiasaan-kebiasaan baru seperti rajin cuci tangan, mengenakan masker saat kekuar rumah, dan physical distancing,” ucap Ferdiansyah.

Selain penambahan pasien positif, humas satgas percepatan penanganan Covid-19, juga melakukan klarifikasi untuk pasien nomor 69. Sebelumnya disebutkan bahwa pasien nomor 69 adalah seorang perempuan berumur 49 tahun bekerja di kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget.

Humas Satgas Covid-19 Sumenep, Ferdiansyah Tetrajaya

“Ternyata yang benar, pasien itu seorang ibu rumah tangga yang merupakan kontak erat pegawai KSOP yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkapnya.

Ferdiansyah menambahkan, pasein sembuh bertambah satu orang yakni pasien nomor 12, laki-laki (35) warga kota Sumenep. Yang bersangkutan dirawat di salah satu rumah sakit di Surabaya sejak 30 Mei 2020.

“Pasien sembuh menjadi 16 orang. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) satu kasus, berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) 17 orang dan meninggal dunia tiga orang,” katanya.

Untuk peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Sumenep, dari 27 kecamatan, 15 kecamatan merupakan zona merah Covid-19, satu kecamatan berstatus kuning dan 11 kecamatan zona hijau. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar