Pendidikan & Kesehatan

Lagi, Nakes RSUD Jombang Meninggal Terpapar Covid-19

Pemakaman Pasien Covid-19. foto/ilustrasi

Jombang (beritajatim.com) – Kabar duka datang dari RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Jombang, Jawa Timur. Seorang nakes (tenaga kesehatan) meninggal dunia akibat terpapar Covid-19, Selasa (5/1/2021) sekitar pukul 03.00 dini hari. Dia adalah UP, warga Kecamatan Diwek.

Meninggalnya UP dibenarkan Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran. Selama ini UP merupakan perawat yang bertugas di IGD (Instalasi Gawat Darurat). “Tadi pagi meninggal. Hasil tes swab atau uji usap, positif Covid,” kata Pudji ketika dihubungi lewat ponselnya.

Pudji mengatakan, UP adalah salah satu dari 16 nakes RSUD Jombang yang terpapar Covid. Dari jumlah itu RSUD melakukan pemilihan. Bagi yang OTG (orang tanpa gejala), melanjutkan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing.

Sedangkan yang terdapat gejala menjalani perawatan di RSUD Jombang. Karena ada gejala, UP menjalani isolasi di rumah sakit. Dia dirawat selama 10 hari. “Dia mengalami sesak. Juga terdapat pneumonia. Kondisinya terus memburuk. Hasil uji swab, UP positif Covid. Akhinya pada Selasa dini hari nakes tersebut meninggal,” pungkas Pudji.

Dengan meninggalnya UP, berarti sudah ada dua nakes RSUD Jombang yang meninggal karena positif Covid. Sebelumnya pada Minggu (1/11/2020) seorang tenaga kesehatan di RSUD Jombang, Kasiyanto juga meningga karena terinfeksi Covid-19.

Sementara itu berdasar data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, Senin (4/1/2021) pukul 14.00 WIB, jumlah positif Covid di Jombang mencapai 2433 orang. Dari jumlah itu, 2077 orang sembuh, 99 dirawat, dan 257 orang meninggal.

Karena kondisi Covid yang masih tinggi, Pudji Umbaran berharap masyarakat tidak kendor dalam menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak). “Pandemi belum usai. Protokol kesehatan jangan sampai kendor,” kata Pudji mengimbau. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar