Pendidikan & Kesehatan

Kuota Kelas Internasional FK Unair Ditambah Dua Kali Lipat

Dekan FK Unair, Prof dr Soetojo

Surabaya (beritajatim.com) – Menjadi Support Sistem pertama Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk melenggang di kancah internasional, tepatnya menuju 500 World Class University (WCU), Fakultas Kedokteran (FK) juga menggenjot kualitas akademiknya.

Salah satu usaha FK yang akan diprioritaskan pada 2020 adalah Kelas Internasional dan Program Studi Internasional. Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun depan, FK akan menambah kuota sebanyak 2 kali lipat dari 2019.

Jika pada 2019, Kelas internasional FK Unair membuka kuota sebanyak 50 kursi, pada PMB 2020 FK Unair membuka 100 kursi. Tambahan Kouta yang signifikan ini dikarenakan peminat cukup banyak tiap tahunnya untuk kelas internasional.

Dekan FK Unair, Prof dr Soetojo mengatakan setidaknya peminat dan peluang FK 40:1 tidak terkecuali untuk kelas internasional. Pada PMB tahun depan, FK Unair membuka 250 kursi untuk reguler dan 100 kursi untuk kelas internasional, sehingga total kuota 350.

Untuk mendaftar di kelas internasional menurut Prof Soetojo dibilang cukup sulit. Karena output yang diharapkan pun berstandar cukup tinggi. Bagi pendaftar kelas internasional setidaknya harus memiliki toefl di atas 550. Karena kelas akan berlangsung secara full menggunakan bahasa inggris dengan dosen asing dan dosen lokal berkualitas setara dengan dosen Universitas terkemuka dunia.

Selain itu, kelas internasional juga memiliki sistem seleksi tersendiri dengan tes atau ujian tambahan yang cukup sulit. Juga biaya pendidikan yang mahal dibandingkan kelas reguler. “Ya kalau ingin masuk kelas internasional harus menyiapkan diri sebaik mungkin. Karena peminat banyak dan seleksi yang sulit,” ujar Prof Soetojo, kepada beritajatim.com, Jumat (27/12/2019).

Selain kelas internasional, FK juga menyiapkan 10 program studi yang segera terakreditasi internasional. Sepuluh prodi tersebut adalah Profesi Kebidanan, Pendidikan Kebidanan, Profesi Dokter Dasar dan Tropik, Pendidikan Dokter Dasar dan Tropik, Spesialis Ortopedi, Spesialis Obgyn, Spesialis Pediatri, Spesialis Anestesi, Spesialis Bedah Syaraf, dan Spesialis Microbiologi Klinik.

Semua usaha FK Unair untuk berkualitas internasional merupakan support untuk Unair masuk 500 besar WCU. Untuk itu FK menggenjot baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana Prasarana, Infrastruktur dan Inputan Mahasiswa. “Sudah banyak capaian kita. Semuanya naik dari tahun sebelumnya. Alhamdulillah kita menjadi support sistem nomer satu Universitas yang berkontribusi dalam pencapain WCU,” pungkasnya. [adg/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar