Pendidikan & Kesehatan

Kunjungi Malaysia, KJRI Beri Gambaran Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya Pendidikan di Malaysia

Johar Bahru (beritajatim.com) – Melalui program ASEAN Global Exchange Share Happiness, siswa SMA Muhammadiyah 3 Surabaya melakukan kunjungan ke Konsulat Jendral Republik Indonesia untuk Malaysia, Senin (20/1/2020).

Tujuannya, untuk membantu para siswa membidik tempat pendidikan bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Malaysia. Perwakilan konjen Indonesia untuk Malaysia juga menjelaskan beberapa program kerja pelayanan diantaranya dalam bentuk pendidikan, budaya dan perekonomian.

Sunarko, Perwakilan Konsulat Jendral RI untuk Malaysia mengatakan jika para siswa atau mahasiswa dari Indonesia kerap kali melakukan program pendidikan yang dibantu oleh konsulat Jendral RI.

Bukan hanya pembekalan secara teori, para siswa juga ditunjukkan kawasan sekolah milik Konjen RI di area belakang kantor. Yang menarik, sekolah ini hanya untuk anak para TKI asal Indonesia. Bagaimana program sekolah yang dikelola oleh Konjen RI untuk Malaysia di kawasan Taat, Johar Bahru?

“Kita sering ada tamu dari siswa dan siswa di Indonesia berkunjung ke KBRI untuk berbagi pengalaman baik dari pendidikan maupun yang lain. Bahkan mereka juga bisa melihat ada sekolah khusus warga Indonesia di belakang kantor KBRI,”ucap Sunarko.

Rencananya para siswa asal Surabaya ini, bukan hanya belajar mengenai bagaimana pelayanan Konjen RI melainkan akan berkunjung ke beberapa universitas di Malaysia untuk melihat program pendidikan yang akan mereka pilih di Malaysia.

Kepala sekolah SMA Muhammdiyah 3 Surabaya, Erlina Wulandari mengatakan jika berkunjung ke KBRI dan beberapa universitas di Malaysia ini untuk memberikan gambaran pendidikan usai lulus SMA. Bahkan jika menempuh pendidikan di negeri Jiran ini juga bisa mendapat kesempatan magang di beberapa tempat salah satu KBRI.

“Ini pengalaman pertama kami datang ke Malaysia untuk memberikan program pendidikan selanjutnya kepada para siswa kami. Memberikan gambaran untuk program pendidikan sekaligus bisa bersilahturahmi dengan Konsulat Jendral Republik Indonesia untuk menambah pengetahunan dan pengalaman para siswa,” ucapnya. [way/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar