Pendidikan & Kesehatan

Krisis Air Bersih Picu Penyebaran Virus Hepatitis A

Relawan membagikan masker untuk mencegah penyebaran hepatitis a.

Pacitan (beritajatim.com) – Wabah hepatitis A yang melanda di wilayah Kabupaten Pacitan salah satunya dipicu oleh krisisnya air bersih di tempat endemik. Terutama di Kecamatan Sudimoro dan Kecamatan Ngadirojo. Apalagi sumber air yang menjadi andalan warga dianggap kurang higienis.

”Kami saat ini melakukan upaya untuk kecukupan kebutuhan dasar air di wilayah yang terjangkit virus hepatitis A,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Eko Budiono, Selasa (2/7/2019).

Eko mengungkapkan minimnya air bersih juga menjadi salah satu penyebab meluasnya penyebaran virus. Apalagi sejak dua bulan terakhir Kecamatan Sudimoro dan Ngadirojo sudah mengalamai krisis air. Jikapun ada, warga harus mengantri disejumlah bilik atau sumber mata air. Dan parahnya sumber air andalan warga tersebut juga dari kata higienis.

”Padahal pola hidup bersih merupakan salah satu cara untuk menghindari terjangkitnya virus yang menyerang hati dan liver itu,” katanya.

Dinkes Pacitan, kata Eko berharap kepada BPBD Pacitan untuk terus melalukan droping air bersih di titik-titik yang krisis air bersih.

”Kalau prediksi masa penghujan masih tiga bulan lagi. Semoga BPBD Pacutan akan terus mengirim air kesana dengan menggunakan sumber air yang terdekat,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar