Pendidikan & Kesehatan

Korem 082 Citra Panca Yudha Gelar Donor Darah di Mall Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Untuk memperingati Hari Juang TNI dan HUT Kodam V Brawijaya ke 71 tahun 2019, Korem 082 Citra Panca Yudha donor darah di Pusat Perbelajaan Kediri Town Square. Dalam bakti social ini, pihak Korem 082 menggaden UTD Palang Merah Indonesia (PMI) Kediri.

Donor darah ini ikuti 500 anggota TNI, anggota Polri, Persit dan Bhayangkari serta lebih dari 250 masyarakat Kediri, Jumat (13/12/2019).

Danrem 082/CPYJ, Kolonel Arm Ruly Chandrayadi mengatakan, sengaja menempatkan kegiatan bakti sosial ini di pusat keramaian agar sekaligus dapat mengajak masyarakat turut serta melakukan kebaikan untuk mereka yang membutuhkan.

“Kenapa di Ketos ini, karena saya melihat Ketos ini kan tempat berkumpulnya masyarakat. Jadi saya mengerahkan dan memerintahkan staf saya, bagaimana kalau 70 persennya dari masyarakat, 30 persennya TNI/Polri,” kata Kolonel Arm Ruly Chandrayadi.

Lebih lanjut, menurut Ruly, kegiatan ini merupakan bukti nyata TNI AD, khususnya Korem 082/CPYJ, untuk terus membantu sekaligus menyatu dengan masyarakat menyelamatkan sesama, khususnya bagi mereka yang membutuhkan. Mengingat penting setetes darah untuk mereka.

“Mengingat setetes darah yang kita sumbangkan ini kan akan sangat berarti bagi keselamatan jiwa seseorang. Disisi lain, donor darah juga bagus untuk menjaga kesehatan para pendonor,” imbuh Ruly.

Danrem ikut berpartisipasi langsung dengan mendonorkan darahnya, bersama para Forkopimda Kota Kediri. pihaknya berharap ini mampu mencapai 700 kantong darah.

Dalam aksi ini, para pendonor terlebih dahulu dilakukan pengecekan tekanan darah dan HB darah oleh petugas medis UTD PMI Kota Kediri. Sejak pukul 13.00 WIB usai Solat Jumat, ratusan prajurit dan masyarakat pengunjung mall serta para pekerja lain sudah mulai melakukan pengambilan darah, hingga menjelang Magrib.

Diketahui bakti sosial donor darah merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh TNI AD khususnya Korem 082/CPYJ dalam menyambut datangnya HUT Kodam V/Brawijaya.

Darah tersebut nantinya akam disumbangkan melalui PMI. Tak hanya untuk masyarakat Kota Kediri, harapannya darah-darah ini mampu menopang kebutuhan darah masyarakat di daerah lain. Kegiatan ini pun rencananya akan kembali digelar di Malang dan Surabaya. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar