Pendidikan & Kesehatan

Korban Covid-19 di Bangkalan Belum Terima Santunan Kemensos

Bangkalan (beritajatim.com) – Sebanyak 133 jiwa angka kematian akibat Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, hanya 3 ahli waris yang mendapatkan santunan kematian.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) setempat Wibagio membenarkan dan menjelaskan bahwa jumlah data yang diajukan oleh Dinsos untuk mendapatkan santunan sebanyak 46 korban Covid. Namun, baru 3 data yang lolos verifikasi.

“3 yang lolos verifikasi itu sudah menerima santunan dan masuk ke rekening masing-masing ahli waris,” terangnya, Jumat (5/2/2021).

Wibagio menambahkan, data sebanyak 46 tersebut merupakan data yang telah memenuhi syarat dari RSUD dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Sementara itu, Kepala Dinkes (Dinkes) Bangkalan, Sudiyo mengaku telah memberikan data rekomendasi penyebab kematian akibat Covid-19 sebanyak 92 jiwa.

“Kita tidak bisa mengajukan hanya merekomendasi. Dari Dinkes ada sekitar 92 data. Untuk rumah sakit saya tidak tau,” singkatnya.

Sekedar diketahui, Kementrian Sosial (Kemensos) telah menetapkan pemberian santunan kematian kepada korban Covid-19, masing-masing sebanyak Rp 15 juta. Santunan tersebut diberikan melalui sumber APBN yang bertujuan untuk meringankan beban keluarga korban.[sar/ted] 



Apa Reaksi Anda?

Komentar