Pendidikan & Kesehatan

Koordinir Pendonor Plasma Konvalesen, Dinkes Magetan Bakal Bentuk Komunitas Penyintas Covid-19

Donor darah di PMI Magetan.(Foto/Ade Mas Satrio).

Magetan (beritajatim.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magetan bakal membentuk Komunitas penyintas Covid-19. Pembentukan komunitas penyintas Covid-19 tersebut bagian dari upaya memudahkan dalam mencari pendonor plasma konvalesen.

“Kami telah menginventarisasi permasalahan yang dihadapi rumah sakit saat akan melakukan terapi plasma konvalesen,” kata Didik Setyo Margono Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Magetan, Rabu (3/3/2021).

Sampai kini dia membenarkan untuk donor plasma sebenarnya masih belum banyak persiapan. Meski, pihaknya tetap menyiagakan para dokter untuk membantu dalam proses aferesis. Proses pemisahan plasma darah dengan bagian darah yang lain itu tidak mudah, sehingga perlu tenaga yang benar – benar ahli.

“Kami coba siapkan, kalau memang perlu dilatih, kami akan siapkan, tentunya dengan berkoordinasi pada UDD PMI,” katanya.

Dia mengungkapkan, untuk para penyintas yang layak untuk mendonorkan darah masih dalam pendataan. Selanjutnya, bakal di koordinir untuk membuat komunitas tertentu. Mereka pun bisa mendonorkan plasma tiap bulannya, tergantung dari kondisi masing – masing.

‘’Tentu tetap dipantau keadaannya, kalau reinfeksi harus dihentikan dulu untuk donornya,’’ katanya.

Sementara ini, bukan  hanya penyintas saja, tapi juga termasuk dengan pasien – pasien komorbid dan berisiko. Jika mereka bisa bertahan, maka kemungkinan untuk jadi pendonor plasma cukup besar. Lantaran, antibodi yang terbentuk memiliki kekuatan yang lebih besar ketimbang mereka yang tanpa gejala.

‘’Untuk itu, kami juga tetap mencoba untuk menjaga mereka, terlebih yang sampai dirawat di RS,’’ katanya.(asg/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar