Pendidikan & Kesehatan

Kontak Erat dengan Pasien Positif, 4 Orang di Kota Mojokerto Dilakukan Swab

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya. [Foto: misti/bj.com]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pasca anak perempuan pasien positif 04 Kota Mojokerto tercomfirm positif Covid-19, sebanyak empat orang yang kontak erat dengan pasien positif 05 akan di swab ulang. Ini setelah dari tujuh orang yang kontak erat dengan pasien positif 04, empat diantaranya hasil rapid test reaktif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetya mengatakan, pasien positif 05 merupakan perempuan warga Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto yang bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi di Kota Surabaya. “Minggu kemarin dinyatakan positif,” ungkapnya, Rabu (20/5/2020).

Pasca itu, tim tracing (pelacakan) melakukan test rapid kepada tujuh orang yang kontak erat dengan pasien positif 04. Hasilnya, anak pasien positif 04 diketahui hasil swab nya keluar, Selasa (19/5/2020) kemarin positif. Sehingga tim tracing akan melakukan tes swab terhadap empat orang yang kontak erat dengan pasien positif 05.

“Yang lain hari ini di swab karena kemarin belum semua di swab. Empat orang yang kontak erat dengan ibunya (pasien positif 04). Saat ini keduanya dikarantina di Rusunawa dan kondisi keduanya tidak ada gejala klinis. Mereka dalam pengawasan medis di Rusunawa. Tiap lantai beda-beda, tentu positif dalam lantai yang sama,” katanya.

Masih kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto ini, ada tim media yang berjaga selama 14 hari dalam satu kali shift dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Gaguk menjelaskan, keduanya betul-betul dikarantina dengan tindakan medis yang diperlukan.

“Satu shift itu terdiri satu dokter, dua perawat, dua bidan, dua tenaga administrasi, tiga clening service yang bertugas selama 14 hari dan nantinya akan diganti tim baru dengan susunan yang sama. Semua ada 4 tim. Setiap hari dipantau, tim sudah bisa mengambil keputusan. Dirawat atau diberikan tindakan apa? Tim yang memutuskan,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto kembali memperbarui data perkembangan kasus virus corona (Covid-19). Peta Sebaran Covid-19 di Kabupaten Mojokerto per tanggal 19 Mei 2020 bertambah satu pasien dengan jumlah total sebanyak lima pasien positif Covid-19.

Jumlah pasien yang tercomfirm positif Covid-19 bertambah satu orang. Pasien positif 05 yakni anak dari pasien positif 04 yang merupakan karyawati sebuah perusahaan telekomunikasi di Kota Surabaya. Keduanya merupakan warga Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. [tin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar